HEADLINE

Erick Thohir Angkat Bicara Terkait Pernyataan Putra Nababan

ADVERTISEMENT

WWW.PASJABAR.COM — Politikus PDIP, Putra Nababan meminta agar Timnas Indonesia diisi oleh 40 persen pemain naturalisasi dan 60 persen pemain lokal.

Permintaan tersebut ia lontarkan dalam Rapat Kerja Komisi X DPR RI, saat Calvin Verdonk berjuang untuk mendapatkan rekomendasi naturalisasi dari DPR RI.

Pernyataan politikus PDI Perjuangan ini pun menjadi sorotan para pecinta sepak bola Indonesia.

Erick Thohir pun buka suara atas gagasan yang dilayangkan oleh mantan jurnalis ini.

“Kan opini itu sah, Pak Putra Nababan saya kenal baik, dia tokoh nasional dan kita perbaiki, naturalisasi adalah pemain yang berdarah Indonesia, mungkin teman-teman yang persepsi soal naturalisasi seperti yang lalu-lalu,” kata Erick Thohir.

Erick Thohir mencontohkan pemain Timnas Indonesia U-20, Meshaal Hamzah. Lahir dari orang tua yang berasal dari Sudan, Meshaal Hamzah lahir dan besar di Indonesia. Erick Thohir pun bertanya pada pewarta apakah Meshaal Hamzah layak untuk bermain demi Merah Putih.

“Orang mana coba? Ya orang kita (Indonesia), dia lahir disini, kita membuka wacana olahraga semakin global, tapi kita punya strategi besar bahwa naturalisasi adalah pemain berdarah Indonesia dan kepentingan Timnas Indonesia,” tegas Erick Thohir.

Erick Thohir memastikan bahwa pemain yang dinaturalisasi adalah pemain yang berdarah Indonesia, bukan pemain asing yang sudah lama tinggal di Indonesia dan mendapatkan paspor Indonesia demi klub.

“Dulu naturalisasi itu kepentingan klub, begitu naturalisasi dipakai Timnas, malah ogah-ogahan, tapi main di klub segar, dan kualitasnya tidak standar timnsa, itu tidak bisa, sepak bola itu rumit, perlu diperbaiki,” kata Erick Thohir.

Sementara itu, Putra Nababan turut mengunggah foto bersama Calvin Verdonk dan Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo. Di menyebut permintaan naturalisasi harus diikuti dengan program jangka panjang dimana para pemain mendapatkan transfer ilmu yang membuat para pemain saling berbagi kemampuan, strategi dan taktik saat bertanding.

“Tentunya permintaan ini juga untuk menunjukan keberpihakan kita terhadap atlet-atlet yang sudah dibina sejak dini oleh negara. Semoga kita berjaya dan fokus melakukan pembibitan atlet-atlet yg kelak mengharumkan nama bangsa di kancah internasional,” kata Putra Nababan.

pri

Recent Posts

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

4 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

6 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

6 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

7 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

7 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

8 jam ago