PASBANDUNG

Pembersihan Sungai Citarum, Sekda Jabar: Bisa Selesai 1,5 Bulan

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Herman Suryatman, mengungkapkan bahwa pembersihan sampah di Sungai Citarum, khususnya di kawasan Jembatan Babakan Saapan Batujajar, bisa selesai dalam waktu sekitar 1,5 bulan.

Pembersihan sampah ini bertujuan untuk memastikan kebersihan sungai Citarum hingga 500 meter ke arah barat dan timur dari jembatan tersebut, yang belakangan menjadi viral karena masalah sampah.

“Insya Allah, kita ikhtiarkan bersama berbagai stakeholder. Ini sudah didiskusikan strateginya. Dibutuhkan waktu tambahan tuntas sekitar bulan Juli, bisa clear 1,5 bulan waktunya. Jadi radius 500 meter ke arah barat dan timur kita upayakan akan clear dan kita dorong radius lebih dari itu,” kata Herman dalam keterangannya di Bandung, dilansir dari Antara News, Rabu (19/6/2024).

Herman menjelaskan bahwa sampah di Sungai Citarum di bawah Jembatan Babakan Saapan bukan hanya sampah baru, tetapi juga sampah lama yang sudah terpendam di dasar sungai. Karena itu, diperlukan waktu sekitar satu bulan untuk mengangkat sampah tersebut.

“Mengapa perlu waktu satu bulan tambahan, karena karakter sampahnya di sektor ini bukan sampah baru saja, relatif banyak itu justru sampah lama yang di dalam, ketika ada angin naik ke atas. Maka dari itu kita tangani sarana prasarana yang ada agar satu minggu ini bersih di area 500 meter ke barat dan timur,” tuturnya.

Selain itu, Pemprov Jabar bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum akan memasang jaring di hulu Sungai Citarum untuk memfilter sampah baru agar tidak masuk ke arah hilir.

“Termasuk kita akan pasang jaring di hulu sehingga sampah baru bisa kita filter tidak masuk ke arah hilir. Kuncinya kolaborasi semua pihak untuk Citarum Harum, makanya kita undang kabupaten kota di Cekungan Bandung,” ucap Herman. (han)

Hanna Hanifah

Recent Posts

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

21 menit ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

25 menit ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

4 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

10 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

12 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

13 jam ago