HEADLINE

Mahasiswa Prodi Fotografi Unpas Gelar Pameran Foto ‘Pamadegan Naga’

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Mahasiswa Program Studi Fotografi dari Fakultas Ilmu Seni dan Sastra Universitas Pasundan atau Unpas menggelar pameran fotografi bertajuk “Pamadegan Naga” di Sujiva Art Space dan Galeri Jalan Sumur Bandung mulai dari 20 hingga 30 Juni 2024.

Pameran dari mahasiswa Unpas ini menampilkan 84 karya fotografi dari 42 mahasiswa yang berasal dari beberapa mata kuliah seperti Visual Semiotics, Ilmu Budaya Sunda, Antropologi Visual, dan Digital Imaging.

Kurasi karya dilakukan oleh Master Fotografi Sjuaibun Iljas dengan pengantar dari Dr. Zackaria Soetedja dan Dr. Tri Karyono.

Pameran ini diinisiasi oleh Regina Octavia Ronald, S.Sn., M.Si., Dosen Pengampu Mata Kuliah, dengan tujuan untuk menginspirasi pengunjung untuk lebih mencintai dan melestarikan warisan budaya Sunda.

Rahmadi, S.Sn., M.Sn., Ketua Program Studi Fotografi, dan Heni Smith, pemilik Sujiva Galeri, turut membuka acara ini.

Menurut M. Fath S., Ketua Pelaksana Pameran, acara ini tidak hanya menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menunjukkan karya mereka, tetapi juga untuk melatih kepercayaan diri dalam bermasyarakat sebagai fotografer.

Tema pameran, Pamadegan Naga, mengangkat filosofi dan keberlanjutan budaya Kampung Adat Naga di Kabupaten Tasikmalaya, yang merupakan sebuah kampung adat Sunda dengan prinsip-prinsip budaya yang kaya.

Selain menampilkan nilai-nilai budaya yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, pameran ini juga bertujuan untuk menginspirasi dan memberikan wawasan kepada masyarakat tentang keindahan dan kekayaan budaya Sunda serta untuk ikut serta dalam pelestarian budaya tersebut.

Tak hanya pameran, pada Minggu (23/6/2024) pukul 15.00 WIB mendatang, akan diselenggarakan talkshow tentang nilai-nilai pendidikan di Kampung Adat Naga, yang akan dipimpin oleh Dr. Tri Karyono, M.Pd., Wakil Dekan dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Semua ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat untuk lebih memahami dan mencintai warisan budaya serta kreativitas yang dihasilkan oleh para mahasiswa Unpas. (han)

Hanna Hanifah

Recent Posts

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

5 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

7 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

8 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

8 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

8 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

9 jam ago