PASKREATIF

Perluas Pasar UMKM, Karya Kreatif dan Pekan Kerajinan Jabar 2024 Resmi Dibuka

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Karya Kreatif Jawa Barat dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (KKJ-PKJB) 2024 telah resmi dibuka, menampilkan berbagai kreasi produk kriya, fesyen, kuliner, dan industri kreatif premium lainnya dari 130 UMKM unggulan Jabar. Acara ini bertujuan untuk membantu memperluas pasar UMKM.

Dilansir dari Antara News, Jumat (28/6/2024), dalam sambutannya di Bandung, Jumat, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyatakan bahwa KKJ-PKJB 2024 adalah komitmen Kementerian Perdagangan bersama pemerintah daerah dan stakeholders terkait, termasuk Bank Indonesia, untuk mendorong pemasaran produk UMKM Jawa Barat.

Menurutnya, UMKM adalah mesin penting bagi perekonomian, terutama dalam penyerapan tenaga kerja dan pertumbuhan ekonomi, serta memiliki potensi untuk meningkatkan kinerja ekspor Indonesia.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Aida S. Budiman, juga menyampaikan bahwa UMKM memegang peran penting dalam pengendalian inflasi daerah, terutama dalam aspek ketersediaan pasokan yang dapat didukung oleh pelaku UMKM atau Klaster Pangan.

Dalam KKJ-PKJB 2024, Bank Indonesia dan pemerintah daerah aktif melakukan penguatan dan perluasan kerja sama antardaerah serta antarpelaku usaha secara Business to Business (B2B).

Contoh nyata dari kerja sama ini adalah penandatanganan kerja sama antardaerah pada komoditas hortikultura antara pelaku UMKM dari Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut dengan pelaku UMKM dari Kota Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung.

Dukungan Bank Indonesia terhadap UMKM juga diwujudkan melalui digitalisasi pembayaran dengan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard), yang hingga April 2024, Jawa Barat menjadi pusat pertumbuhan pengguna QRIS dengan pangsa mencapai 22 persen nasional atau sekitar 10,8 juta pengguna.

KKJ-PKJB 2024 juga meresmikan Kick Off QRIS Jelajah Indonesia, sebuah kompetisi penyelesaian misi dengan menjelajahi lokasi wisata Jawa Barat, untuk mendukung UMKM di bidang pariwisata.

Sekda Jabar, Herman Suryatman, menyatakan bahwa KKJ-PKJB 2024 adalah wadah untuk memperluas akses keuangan dan pemasaran UMKM Kreatif Jawa Barat. KKJ-PKJB 2024 fokus pada showcasing dan business matching untuk pembiayaan dan pemasaran produk UMKM, dengan penekanan pada UMKM yang menerapkan konsep green economy.

Pembiayaan oleh perbankan akan diarahkan pada UMKM yang mengedepankan produk berwawasan lingkungan, untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi Jawa Barat yang berkelanjutan dan inklusif.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Muhamad Nur, menambahkan bahwa KKJ-PKJB 2024 juga dilengkapi dengan gelaran Java Tea Experience (JTE) 2024, yang menampilkan produk unggulan teh mitra Bank Indonesia se-Jawa.

Acara ini mencakup talkshow pengembangan bisnis artisan tea, ekspor teh, dan tea class mixology.

Selain itu, KKJ-PKJB 2024 juga dirangkaikan dengan West Java Industrial Meeting (WJIM) yang berfungsi sebagai wadah untuk diseminasi berbagai kebijakan yang mendukung pengembangan pelaku industri.

KKJ-PKJB 2024, yang merupakan bagian dari Road to Karya Kreatif Indonesia, digelar di Trans Convention Center dan Trans Studio Mall Bandung pada 28-30 Juni 2024. (han)

Hanna Hanifah

Recent Posts

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

6 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

7 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

8 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

8 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

9 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

9 jam ago