PASPENDIDIKAN

Webinar Ngaji Kurikulum, Kemenag Diskusikan Tantangan Pendidikan

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama (Kemenag) menggelar webinar bertajuk “Ngaji Kurikulum” pada Senin, 1 Juli 2024 kemarin.

Dilansir dari situs resmi Kemenag RI, acara webinar “Ngaji Kurikulum” ini bertujuan untuk mendiskusikan tantangan pendidikan yang berdampak langsung terhadap siswa dan madrasah di seluruh Indonesia.

Sidik Sisdiyanto, Direktur KSKK Madrasah, menyatakan harapannya bahwa webinar ini akan menemukan solusi inovatif untuk menghadapi tantangan pendidikan di era digital.

“Saya berharap, melalui seminar ini, kita dapat berdiskusi dan menemukan solusi-solusi yang inovatif untuk menghadapi tantangan pendidikan di era digital,” ujarnya.

Sidik juga mengajak seluruh pihak, terutama pengelola madrasah dan tenaga pendidik, untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan zaman.

“Mari kita bersama-sama menciptakan pendidikan yang berkualitas, relevan, dan mampu mempersiapkan generasi masa depan yang unggul dan berkarakter,” tuturnya.

Menurut Sidik, pengembangan pembelajaran di madrasah harus menggunakan pendekatan yang berpusat pada peserta didik.

Dalam konteks ini, peserta didik ditempatkan sebagai subjek pembelajaran yang secara aktif mengembangkan minat dan potensinya.

“Peserta didik tidak lagi dituntut untuk mendengarkan dan menghafal materi pelajaran yang diberikan guru, tetapi berupaya mengkonstruksi pengetahuan dan keterampilannya, sesuai dengan kapasitas dan tingkat perkembangan berpikirnya, sambil diajak berkontribusi untuk memecahkan masalah-masalah nyata yang terjadi,” jelasnya.

Sidik menekankan bahwa pembelajaran berpusat pada peserta didik bukan berarti guru menyerahkan kontrol belajar sepenuhnya kepada peserta didik.

Intervensi guru masih diperlukan sebagai fasilitator yang mengaitkan pengetahuan awal peserta didik dengan informasi baru yang akan dipelajari.

“Guru memberi kesempatan peserta didik untuk belajar sesuai dengan cara dan gaya belajarnya masing-masing dan mendorong peserta didik untuk bertanggung jawab atas proses belajar yang dilakukannya,” pungkasnya.

Abdul Basit, Kasubdit Kurikulum Evaluasi KSKK Madrasah, menjelaskan bahwa Ngaji Kurikulum merupakan terobosan yang sejalan dengan semangat implementasi Kurikulum Merdeka.

“Kegiatan ini sejalan dengan Kurikulum Merdeka,” ujarnya.

Ngaji Kurikulum akan berlangsung selama tiga hari, dari 1 hingga 3 Juli 2024, dan menghadirkan narasumber ahli dari kalangan pemangku kebijakan, akademisi, dan praktisi.

Basit menyebut bahwa kegiatan ini akan diadakan setiap bulan dengan tema berbeda sesuai kebutuhan.

Narasumber yang terlibat termasuk Ketua PMU REP-MEQR Arif Rahman, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah/Pendidikan Islam se-Indonesia, Tim Kurikulum & Evaluasi Pada Bidang Pendidikan Madrasah/Pendidikan Islam se-Indonesia, dan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah/Pendidikan Islam/KSKK Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota se-Indonesia. (han)

Hanna Hanifah

Recent Posts

Operasikan Dapur Umum untuk Pengungsi Gempa, 7.000 Paket Makanan di Siapkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten Bandung mulai mengoperasikan dapur umum untuk mendukung kebutuhan logistik bagi…

13 menit ago

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

36 menit ago

Bocah 4 Tahun Tertimpa Reruntuhan karena Gempa, Kang DS Sampaikan Duka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan,…

1 jam ago

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

2 jam ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

2 jam ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

3 jam ago