PASBANDUNG

Pasar Kosambi “The Hallway Space” Jadi Destinasi Tren Wisatawan

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Sempat terpuruk, Pasar Kosambi kini bangkit dan menjadi destinasi wisata baru di Kota Bandung.

Melalui pasar kreatif yang terletak di lantai atas pasar Kosambi, The Halloway Space, kini menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi wisatawan.

“Awalnya, pada tahun 2019 lalu, tempat ini merupakan ruang mubazir yang tidak terpakai di Pasar Kosambi. Bermodal uang Rp. 20.000.000 yang digalang melalui udunan bersama rekan-rekannya, mereka akhirnya menyulap lantai terbengkalai ini menjadi sebuah ekosistem ekonomi kreatif yang memiliki daya tarik tersendiri,” ujar Founder The Hallway Space, Faizal Budiman.

Menurut Faizal, membangun The Hallway Space hanya membutuhkan modal patungan Rp. 5 juta per orang dari empat orang.

“Kita izinnya ke Perumda Pasar. Dulu tempat ini sepi, terbengkalai 15 tahun. Awalnya cuma dua toko. Kita punya cita-cita kepingin punya toko yang bagus tapi enggak kepingin yang sewanya mahal karena di Kota Bandung ini kan sewa toko mahal. Akhirnya kita tertarik di pasar karena di pasar punya harga sewa yang murah,” ujar pria yang akrab disapa Bob ini.

Pandemi Covid 19 tidak menyurutkan Bob dan rekan-rekannya untuk menyulap The Hallway Space menjadi sebuah tempat ‘nongkrong’ anak muda kreatif Kota Bandung.

Sempat terpuruk, Pasar Kosambi “The Hallway Space” kini bangkit dan menjadi destinasi wisata baru khususnya anak muda di Kota Bandung. (foto: put/pasjabar)

Hingga pada akhirnya, pada 1 Oktober 2020, setelah satu tahun mengumpulkan tenan-tenan dengan visi misi yang sama serta sedikit sedikit renovasi fisik, The Hallway Space dibuka untuk umum.

“Soft opening 1 Oktober 2020 trafficnya udah seribuan orang perhari orang yang datang. Dulu 20 toko pertama isinya teman-teman KOL. 20 toko pertama kita kasih sewa setahun gratis buat ngeboosting hingga sekarang jadi 140 toko yang kita kelola,” aku Bob.

Karena dikelola dengan apik dalam segala hal, The Hallway Space hingga saat ini tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan, omzet beberapa toko pun terbilang cukup tinggi.

“Omzet dipukul rata aja kalau misalkan dalam satu hari 1.000 orang yang datang dikali satu orang minimal spendmoneynya Rp 50.000 mungkin udah 50 juta perhari untuk keseluruhan. Tahun kemarin pas ramadan bahkan ada yang sampai Rp. 1 miliar per bulan,” ujarnya.

Bob menjelaskan, The Hallway Space bisa bertahan hingga saat ini karena saling support antartenant terutama dalam hal promosi media sosial yang dibuat selalu menarik.

Tidak hanya promosi, produk-produk yang dijualpun dikurasi secara detil dan tidak sembarangan orang bisa berjualan.

“Kita ada beberapa tenan yang punya loyal customer sendiri Kurasi tenant biar vibesnya tetap terjaga. Dari proses kurasi itu hasilnya si bentuk toko jadi lebih enak dipandang,” tuturnya.

Kepada pemerintah Kota Bandung di bawah kepemimpinan wali kota yang baru nantinya, harapan pelaku bisnis kreatif di lokasi ini terbilang sederhana.

Mereka hanya berharap tetap bisa mengekspresikan kreatifitas mereka di sini.

“Harapannya atau targetnya, kepingen tempat ini tetap ada, menjadi salah satu wadah atau ekosistem ekonomi kreatif di Bandung. Konsep Ini sudah terduplikasi di kota lain seperti di Surabaya dan Solo. Kalau ini bisa terduplikasi di kota-kota lain jadi banyak aset-aset pasar yang bisa hidup,” tandasnya.

Bakal Calon Wali Kota Bandung, Arfi Rafnialdi, kedapatan tengah menikmati semangkuk cuanki di sudut The Hallway Space. Selain kuliner, Arfi juga membeli kaos di toko Senikanji dengan harga Rp 150.000.

Sempat terpuruk, Pasar Kosambi “The Hallway Space” kini bangkit dan menjadi destinasi wisata baru khususnya anak muda di Kota Bandung. (foto: put/pasjabar)

“Cuankinya enak pisan, ini juga masih mau cari tempat ngopi yang enak. Tadi di depan sempat beli kaos Senikanji. Kaosnya unik tulisan pepatah bahasa Indonesia tapi tulisan kanji. Saya penasaran pas di google translate ternyata benar artinya,” ungkap Arfi.

Arfi mengaku sangat kagum dengan The Hallway Space yang terus bertumbuh menjadi ruang berekspresi anak muda kreatif Kota Bandung.

Menurut dia, The Hallway Space berhasil membuat generasi muda mau datang berkunjung ke Pasar Tradisional.

“Anak muda kan jarang mau ke pasar kalau pasarnya biasa-biasa saja. Tapi ternyata bisa jadi keren banget. Bahkan tadi ngobrol sama Bob, ternyata justru aktivasi di The Hallway Space ini membuat pasar ini jadi hidup 24 jam. Sore sampai ke malam pada nongkrong, ada yang launching produk, ada yang mini konser yang lebih intimate. Dan malamnya sudah mulai persiapan pasar basah, jadi nyambung terus,” tuturnya.

Namun demikian, Arfi menambahkan, dengan karakteristik yang berbeda-beda, tidak semua pasar di Kota Bandung bisa mengusung konsep serupa dengan The Hallway Space.

“Enggak harus semua sama kaya gini. Saya meyakini kreatifnya orang Bandung bisa membuat kekhasan dari satu tempat. Mungkin ada beberapa tempat yang bisa dengan konsep seperti ini, tapi bisa jadi di pasar yang lain perlu kreatifitas yang berbeda. Ini sebetulnya harapan agar ekonomi kreatif berputar terus, karena kita berharap orang-orang yang datang dan hidup di kota ini taraf hidupnya meningkat,” pungkasnya. (Put)

Putri

Recent Posts

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

4 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

5 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

6 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

6 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

7 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

8 jam ago