HEADLINE

Timnas Indonesia U-19 Bantai Filipina 6-0 di Laga Grup A Piala AFF U-19 2024

ADVERTISEMENT

WWW.PASJABAR.COM — Pada laga pertama Timnas Indonesia U-19 vs Timnas Filipina U-19 di Grup A Piala AFF U-19 2024, Garuda Muda menang telak dengan skor 6-0.

Striker naturalisasi Jens Raven menutup keunggulan dengan mencetak gol pertamanya di menit 88.

Bermain di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (17/7/2024), Indonesia vs Filipina menjadi laga dari Grup A Piala AFF U-19 2024. Tuan rumah langsung unggul 4-0 di babak pertama.

Gol didapat lewat brace Iqbal Gwijangge dan Arlyansyah Abdulmanan serta Kadek Arel masing-masing satu gol.

Di babak kedua, Indonesia bisa menambah satu gol lewat Arlyansyah dan Jens Raven, yang menjalani debutnya, juga bikin gol. Skor 6-0 menjadi hasil akhir pertandingan.

Hasil ini membuat Indonesia langsung memimpin klasemen Grup A Piala AFF U-19 2024 dengan 3 poin. Tim asuhan Indra Sjafri unggul produktivitas gol atas Timor Leste, yang sebelumnya menang 3-2 atas Kamboja.

Selanjutnya, Indonesia akan melawan Kamboja pada laga kedua Grup A. Laga masih digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (20/7/2024).

Jalannya Pertandingan
Filipina sedianya mengambil inisiatif serangan selepas kick off. Namun, serangan The Azkals masih belum bisa menembus barisan belakang Indonesia.

Pelan tapi pasti, Indonesia bisa keluar dari tekanan. Hasilnya, gol bisa didapat pada menit ke-12.

Arlyansyah membuka keunggulan Indonesia. Ia membobol gawang Filipina, usai meneruskan umpan tarik Dony Tri dari sisi kiri. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Usai unggul, Indonesia terus menekan Filipina. Gol kedua lahir di menit ke-22, kali ini lewat Iqbal Gwijangge. Bek Indonesia itu bisa meneruskan umpan Muhammaf Mufli menjadi gol lewat sundulan keras di depan gawang. Skor menjadi 2-0.

Indonesia makin bersemangat menggempur Filipina. Arkhan Kaka sempat punya peluang, namun masih digagalkan tiang gawang.

Kadek Arel yang kemudian ikutan mencatatkan namanya di papan skor. Di menit ke-28, bek Indonesia itu bisa menanduk bola sepak pojok yang dilepaskan Mufli. Skor menjadi 3-0.

Beberapa peluang emas terus dihasilkan Indonesia lewat Arlyansyah dkk. Satu gol lagi akhirnya didapat sebelum babak pertama berakhir.

Di menit ke-43, Iqbal kembali mencetak gol ke gawang Filipina. Memanfaatkan umpan sundulan Muhammad Alfarezzi, bek Indonesia itu bisa menyontek masuk bola di mulut gawang Castro Cesar. Skor 4-0 bertahan hingga babak pertama tuntas.

Babak kedua digelar, Indonesia melakukan sejumlah perubahan. Salah satunya memasukkan Welber Jardim sebagai penyegaran.

Hasilnya terlihat. Di menit ke-51, Arlyansyah bisa menambah gol untuk Indonesia. Sama seperti skema gol pertamanya, Arly bisa meneruskan umpan tajam mendatar Dony Tri dari sisi kiri menjadi gol dengan sontekannya Skor 5-0 untuk Garuda Muda.

Di menit ke-68, Indonesia memainkan Jens Raven, striker keturunan yang baru menjadi WNI. Ini menjadi debutnya berseragam Indonesia.

Serangan Indonesia masih mengalir usai masuknya Jens Raven, namun belum ada gol dihasilkan lagi. Sementara Filipina juga tak punya kesempatan menyerang sebab upayanya selalu bisa diredam sejak area tengah lapangan.

Sampai akhirnya, Jens Raven bisa mendapatkan gol. Di menit ke-88, ia bisa mencetak gol usai meneruskan sodoran Riski Afrisal. Berawal dari kesalahan pemain Filipina, Riski merebut bola, lalu mengopernya ke Jens Raven. Sepakan ringan dilepaskan Jens Raven, mengirim masuk bola ke gawang. Skor menjadi 6-0, sekaligus menjadi hasil akhir pertandingan.

Susunan Pemain
Timnas Indonesia U-19: 1-Ikram Algiffari; 16-Dony Tri, 4-Kadek Arel, 5-Muhammad Alfarezzi, 21-Iqbal Gwijangge, 17-Muhammad Mufli; 7-Figo Dennis, 18-Toni Firmansyah, 11-M Riski Afrisal; 8-Arkhan Kaka, 20-Arlyansyah Abdulmanan

Timnas Filipina U-19: 1-Castro Cesar; 5-Merino Martin, 6-Villanueva Bryan, 8-Lizaes Sebastian, 20-Sebastian Alexander 23-Caraig Jian; 11-Diaz Jhon, 17-Ogur Justin, 7-Banatao Otu, 14-Moya Noelle; 19-Sabatian Alexander Jhon

pri

Recent Posts

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

4 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

6 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

7 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

7 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

7 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

8 jam ago