PASKESEHATAN

Pelayanan BPJS di Bandung Aman, Meski RS Muhammadiyah Setop Kerja Sama

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Anhar Hadian, memastikan bahwa pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan di RS Muhammadiyah Bandung tidak akan terganggu.

Sebelumnya, RS Muhammadiyah Bandung memutuskan untuk menghentikan sementara kerja sama dengan BPJS Kesehatan, sehingga tidak lagi melayani pasien BPJS Kesehatan.

“Sebanyak 80 persen pasien RS Muhammadiyah adalah pasien BPJS. Namun, ini bukan masalah besar karena pasien-pasien tersebut bisa dialihkan ke rumah sakit lain,” kata Anhar di Balai Kota Bandung, Senin, (29/7/2024) dikutip dari situs resmi Pemkot Bandung.

Berdasarkan data, terdapat 7.057 tempat tidur di 42 rumah sakit di Kota Bandung. Dari jumlah tersebut, 32 rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan memiliki 6.227 tempat tidur.

RS Muhammadiyah sendiri memiliki 159 tempat tidur. Anhar mengatakan bahwa saat ini tingkat keterisian rumah sakit di Kota Bandung mencapai 60 persen atau 3.766 tempat tidur.

“Dengan data ini, masih ada sekitar 2.511 tempat tidur kosong di rumah sakit yang menerima BPJS. Jadi kita masih memiliki cadangan tempat tidur sekitar 2.500,” ujarnya.

“Dengan hanya 159 tempat tidur di RS Muhammadiyah, pengalihan ini tidak terlalu menjadi masalah di atas kertas. Pasien-pasien bisa dipindahkan ke rumah sakit lain,” tambahnya.

Anhar mengakui bahwa tantangan terbesar adalah aspek psikologis, karena pasien yang terbiasa di RS Muhammadiyah harus pindah ke rumah sakit lain.

Dinas Kesehatan akan terus memberikan edukasi, terutama kepada rumah sakit yang akan menerima pasien BPJS yang dipindahkan.

“Kita akan memastikan mereka tetap mendapatkan pelayanan prima,” ujarnya.

Anhar juga menginstruksikan Puskesmas untuk merujuk pasien ke rumah sakit terdekat dengan domisili pasien BPJS.

“Kita akan mengarahkan pasien ke rumah sakit terdekat. Prinsipnya yang terdekat. Sekarang RS Muhammadiyah ditutup, jadi rumah sakit terdekat lainnya akan terbuka,” jelasnya. (han)

Hanna Hanifah

Recent Posts

Polres Cimahi Ringkus Lima Begal Sadis di Cianjur dan Padalarang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Satreskrim Polres Cimahi berhasil menangkap lima pelaku begal yang meresahkan masyarakat di…

11 jam ago

Dadang Supriatna-Ali Syakieb Resmi Dapat Nomor 2, Siap Bangun Bandung Lebih Bedas

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Dadang Supriatna-Ali Syakieb (Bedas) mendapat…

12 jam ago

Kabinet Ala Koalisi Gemoy

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Setelah…

13 jam ago

Sumur Bor Wakaf Salman di NTT Sukses Hadirkan Solusi Air Bersih

MANGGARAI BARAT, WWW.PASJABAR.COM--Wakaf Salman meresmikan Wakaf Air Sumur Bor di Kampung Tondong Bilas, Kecamatan Mbeliling,…

13 jam ago

Rayakan HUT ke-79, Lanud Husein Gelar Bakti Kesehatan dan Sembako Gratis

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Lanud…

14 jam ago

Gol Dimas dan Ryan Bantu Persib Kandaskan Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Persib Bandung menang dengan skor 2-0 atas Persija Jakarta di Stadion  Si…

14 jam ago