PASBANDUNG

100 Anggota Paskibraka Kota Bandung 2024 Resmi Dikukuhkan

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Sebanyak 100 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka Kota Bandung tahun 2024 resmi dikukuhkan dalam upacara yang berlangsung di Plaza Balai Kota Bandung.

Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono menekankan pentingnya disiplin, loyalitas, dan pengabdian tanpa pamrih dalam menjalankan tugas mulia sebagai Paskibraka.

Ia mengatakan, ini menjadi bagian dari Paskibraka bukanlah tugas yang ringan.

“Paskibraka adalah orang-orang terpilih yang mendapatkan kehormatan untuk mengibarkan Sang Merah Putih pada peringatan HUT ke-79 RI. Tugas ini membutuhkan fisik yang prima dan mental yang tangguh,” ujarnya.

Bambang juga mengingatkan para anggota Paskibraka untuk menjaga nilai-nilai perjuangan, kedisiplinan, kekompakan, dan keserasian sebagai modal utama dalam menjalankan tugas mereka.

“Pengukuhan malam ini dapat menambah motivasi adik-adik untuk bertugas secara maksimal, sehingga menjadi kebanggaan bagi pemerintah, keluarga, sekolah, dan masyarakat pada umumnya,” ucapnya.

Bambang mengutarakan, setelah menyelesaikan tugas mengibarkan bendera, para anggota Paskibraka harus tetap menjadi teladan di lingkungan sekitar.

Mereka diharapkan mampu menjaga sikap dan perilaku yang baik, menguatkan karakter sebagai generasi muda yang unggul, pantang menyerah, dan mampu beradaptasi dengan lingkungan di mana pun berada.

Bambang menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pembina yang telah bekerja keras membentuk tim Paskibraka terbaik untuk Kota Bandung.

“Pengalaman dan kesempatan ini harus menjadi cerminan positif bagi adik-adik di masa depan. Saya ucapkan selamat bertugas kepada anggota Paskibraka Kota Bandung 2024. Semoga ikhtiar ini berbuah hasil yang membanggakan bagi Kota Bandung,” ucapnya.

Para anggota Paskibraka Kota Bandung 2024 nantinya akan bertugas pada HUT ke-79 Republik Indonesia, 17 Agustus 2024. Mereka akan bertugas pada penaikkan dan penurunan bendera pusaka merah putih.

Lebih rinci, 100 anggota Paskibraka Kota Bandung 2024 terdiri dari 50 orang putra dan 50 orang putri dari 61 SMA/Sederajat se-Kota Bandung. Mereka terbagi ke dalam 3 pasukan: Pasukan Nakula, Pasukan Sadewa, dan Pasukan Galendra.

Para anggota Paskibraka Kota Bandung tersebut merupakan putra/putri terpilih setelah menyelesaikan sejumlah tahap seleksi dengan sistem gugur.

Mulai dari seleksi administrasi, seleksi pengetahuan umum ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan, wawancara, seleksi fisik, baris berbaris, serta pantohir. (rif)

Budi Arif

Recent Posts

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

2 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

9 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

10 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

11 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

11 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

12 jam ago