PASBANDUNG

Daya Tarik Baru Braga: Selasar dan Jembatan Menyala yang Instagramable

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pemerintah Kota Bandung secara resmi meluncurkan destinasi wisata baru di kawasan Braga, yaitu Selasar Menyala dan Jembatan Menyala yang menarik untuk diunggah di Instagram.

Destinasi wisata Selasar Menyala dan Jembatan Menyala ini terletak di RW 08 Kelurahan Braga dan menjadi bagian dari upaya aktivasi sosial ekonomi di kawasan wisata Braga.

Kedua fasilitas ini menampilkan efek menyala dalam gelap (glow-in-the-dark) yang diharapkan dapat menarik wisatawan untuk berfoto atau berswafoto.

Destinasi wisata tersebut diresmikan secara simbolis oleh Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Eric Mohamad Atthauriq.

Acara peresmian ini juga dihadiri oleh Penjabat Ketua TP PKK Kota Bandung, Linda Nurani Hapsah, dan Kepala Dinas Sosial Kota Bandung, Soni Bakhtiar, pada Sabtu (17/8/2024).

Eric Mohamad Atthauriq menyatakan bahwa pengembangan wisata ini adalah bagian dari program inovatif Social Economy Development di Kawasan Wisata Braga.

Program ini bertujuan untuk mengaktifkan dan mengembangkan potensi sosial ekonomi di kawasan wisata Kampung Braga.

Program ini tidak hanya akan memperkuat daya tarik wisata di kawasan Braga, tetapi juga memberdayakan masyarakat setempat untuk berperan aktif dalam pengembangan ekonomi lokal.

“Kehadiran Braga Menyala ini dapat menjadi solusi alternatif bagi warga untuk mengoptimalkan potensi masyarakat, khususnya di RW-RW yang ada di wilayah Braga,” kata Eric, dilansir dari situs resmi Pemkot Bandung.

“Mudah-mudahan ini bisa menarik perhatian dan sekaligus memberikan pengembangan komunitas kepada warga di kawasan Braga ini,” tambahnya.

Selain kedua fasilitas tersebut, kawasan RW 08 Braga juga dihiasi mural dan memiliki pusat kuliner.

“Ini adalah pusat jajanan yang bisa menarik warga untuk selain berfoto dan jalan-jalan di sekitar Braga, juga bisa menikmati jajanan,” ujarnya.

Ia berharap, kehadiran destinasi wisata baru ini dapat meningkatkan kunjungan wisata ke Kota Bandung dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi kota.

“Mudah-mudahan kunjungan ke Kota Bandung meningkat, sehingga laju pertumbuhan ekonominya juga bertambah. Namun, kami berharap warga selalu menjaga ketertiban, kebersihan, dan keindahan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Bandung, Soni Bakhtiar, mengungkapkan bahwa kawasan Braga dijadikan laboratorium pertama di Kota Bandung untuk pemberdayaan masyarakat dengan kolaborasi pentahelix.

Menurut Soni, program Social Economy Development di Kawasan Wisata Braga difokuskan pada pemberdayaan warga Braga dengan menyediakan ruang dan dukungan bagi mereka yang ingin memulai atau mengembangkan usaha.

“Inisiatif ini juga mencakup peningkatan kapasitas warga dalam berbisnis, termasuk pelatihan manajemen, pemasaran, dan pengembangan produk,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa lembaga bisnis komunitas yang dikelola oleh warga setempat akan menjadi kunci keberlanjutan program ini, dengan prinsip dari, oleh, dan untuk masyarakat.

Harapannya, warga Braga menjadi lebih berdaya dan mandiri, sehingga tidak lagi bergantung pada bantuan pemerintah seperti Program Keluarga Harapan (PKH) atau Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT).

“Melalui pemberdayaan ini, kami berharap warga Braga mampu mandiri secara ekonomi dan terus berkembang bersama-sama,” ungkapnya. (han)

Hanna Hanifah

Recent Posts

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

53 menit ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

2 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

2 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

2 jam ago

Jawa Timur Tambah Emas PON XXI Aceh – Sumut 2024, Setelah Kalahkan Jawa Barat di Cabor Sepak Bola

WWW.PASJABAR.COM -- Kontingen Jawa Barat bertemu kontingen Jawa Timur di final cabor sepak bola PON…

7 jam ago

Dies Natalis FH Unpad, IKANO Undang AHY Kuliah Umum

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Dalam rangka Dies Natalis Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (FH Unpad), Ikatan Keluarga…

8 jam ago