PASBANDUNG

Mulai Pekan Ini, Di Gedung Sate Terapkan CFD Zero Emission

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin mengumumkan bahwa kebijakan Car Free Day Zero Emission di Gedung Sate akan mulai diterapkan selama dua hari setiap pekan, yaitu Kamis dan Jumat, mulai pekan ini.

“Kebijakan ini mulai berlaku pekan ini,” ujar Bey Machmudin dalam keterangan di Bandung pada Kamis, (29/8/2024) dilansir dari Antara.

Kebijakan ini merupakan langkah lanjutan setelah evaluasi terhadap kebijakan sebelumnya, yaitu Friday Car Free yang diterapkan sejak 22 Maret 2024.

Bey menjelaskan bahwa setelah penilaian, kebijakan sebelumnya tidak efektif dalam mendorong masyarakat untuk beralih ke kendaraan umum.

“Evaluasi menunjukkan bahwa kebijakan tersebut tidak terlalu efektif karena banyak orang yang masih memarkir kendaraan di sekitar Gedung Sate, seperti di pinggir jalan dan kantor instansi lain, lalu berjalan kaki ke kompleks kantor Gubernur Jabar,” kata Bey.

Kebijakan Car Free Day Zero Emission ini hanya memperbolehkan kendaraan listrik atau kendaraan yang digerakkan tenaga manusia untuk memasuki area Gedung Sate pada hari Kamis dan Jumat.

“Dengan kebijakan ini, sepeda, sepeda listrik, motor listrik, dan mobil listrik adalah satu-satunya kendaraan yang diperbolehkan masuk pada hari tersebut,” tambahnya.

Bey juga meminta Dinas Perhubungan Jabar untuk secara mendalam mengevaluasi penerapan kebijakan ini, terutama dalam hal peralihan masyarakat ke penggunaan kendaraan umum.

“Tujuan utamanya adalah untuk mendorong masyarakat menggunakan kendaraan umum. Kami berharap masyarakat benar-benar memahami bagaimana menggunakan kendaraan umum dengan efektif. Kendaraan umum harus nyaman dan tepat waktu,” pungkas Bey. (han)

Hanna Hanifah

Recent Posts

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

4 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

6 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

7 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

7 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

7 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

8 jam ago