HEADLINE

Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Selatan Jawa, BMKG Imbau Nelayan Tetap Siaga

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau agar nelayan tetap waspada terhadap potensi gelombang tinggi yang masih mungkin terjadi di perairan selatan Jawa Barat hingga Jawa Tengah, khususnya di wilayah Samudra Hindia.

“Gelombang tinggi masih berpotensi terjadi karena musim angin timur masih berlangsung hingga saat ini,” ujar Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Teguh Wardoyo, di Cilacap, Jawa Tengah, pada Senin (2/9/2024), dilansir dari Antara.

Ia menjelaskan bahwa pola gerakan angin yang cenderung searah dengan kecepatan tinggi berpotensi meningkatkan ketinggian gelombang laut.

Berdasarkan pemodelan BMKG, tinggi gelombang di perairan selatan Jawa Barat dan Jawa Tengah pada Senin (2/9/2024) hingga Selasa (3/9/2024) pukul 19.00 WIB diperkirakan berada dalam kisaran 1,25-2,5 meter, yang masuk dalam kategori sedang.

Beberapa hari sebelumnya, tinggi gelombang di kawasan ini sempat mencapai kisaran 2,5-4 meter, yang masuk dalam kategori tinggi.

“Tinggi gelombang pada Senin hingga Selasa memang masuk dalam kategori sedang. Namun, pada periode Selasa pukul 19.00 WIB hingga Rabu (4/9/2024) pukul 19.00 WIB, gelombang tinggi kembali berpotensi terjadi di wilayah Samudra Hindia selatan Jawa Barat hingga Jawa Tengah,” jelas Teguh.

Ia menambahkan bahwa peningkatan tinggi gelombang ini disebabkan oleh pola angin yang dominan bergerak dari timur laut hingga tenggara dengan kecepatan 4-20 knot.

Meskipun potensi gelombang tinggi ada di wilayah Samudra Hindia selatan Jawa Barat hingga Jawa Tengah, Teguh mengungkapkan bahwa tinggi gelombang di perairan selatan Sukabumi-Cianjur, perairan selatan Garut-Pangandaran, perairan selatan Cilacap, perairan selatan Kebumen-Purworejo, dan perairan selatan Yogyakarta diperkirakan masih berada dalam kategori sedang. (han)

Hanna Hanifah

Recent Posts

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

4 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

6 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

7 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

7 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

7 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

8 jam ago