HEADLINE

Tingginya Penurunan Kesehatan Mata Anak-anak, AINI Gelar Pemeriksaan Mata Gratis

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Yayasan Adicita Insan Nastiti Internasional (AINI) menggelar pemeriksaan mata gratis kepada anak usia sekolah di SMA Muhammadiyah 3, Jalan Banteng Dalam, Kota Bandung, Kamis (5/9/24) Siang.

Arfi Rafnialdi, selaku Sekretaris Yayasan AINI mengatakan, kegiatan pemeriksaan mata tersebut dilatarbelakangi oleh kekhwatiran tingginya penurunan kesehatan mata yang dialami oleh anak-anak usia sekolah yang banyak dipicu aktivitas anak mengakses gawai atau handphone.

“Memang ada pergeseran kesehatan mata anak karena sekarang anak makin terbiasa dengan gadget. Di satu sisi mereka belajar, tapi di sisi lain banyak aktivitas bermain game yang sangat berorientasi pada gadget sehingga mata anak ini kesehatannya sudah turun terjadi pada anak SD kelas 3 atau kelas 4 sudah butuh kacamata,” ujar Arfi.

Selain itu, penerapan pembelajaran daring juga perlu lebih diperhatikan agar proses belajar mengajar bisa berlangsung tanpa membebani kesehatan mata anak.

“Itu mungkin bagian dari konsekuensinya. Tapi kedepannya, pembelajaran online ini juga perlu diberikan edukasi agar kesehatan mata anak-anak pelajar dan mahasiswa juga tetap terjaga. Jadi proses pembelajarannya jalan, kesehatan matanya terjaga, ” pungkasnya.

Sementara Penanggungjawab Kegiatan Pemeriksaan Gratis Yayasan Aini, Elpi Nazmuzzaman mengatakan, kegiatan tersebut juga didukung oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) sebagai tenaga pemeriksa.

Menurut Elpi, setelah diperiksa, siswa yang mengalami penurunan kesehatan mata akan diberikan kacamata gratis.

“Tadi hasil screening ada beberapa yang memerlukan kacamata, nanti akan ditindak lanjuti. Mudah-mudahan apa yang dilakukan oleh Yayasan Aini bisa membantu mencerdaskan kehidupan bangsa, ” ungkap Elpi.

Elpi menambahkan, dari hasil pemeriksaan juga didapati siswa yang memerlukan tindakan medis lanjutan.

“Terpantau memang ada rekomendasi dokter untuk tindak lanjut, nanti kita akan coba rekap. Biasanya tindak lanjut itu secara umum ada yang mungkin cuma cukup obat, tapi juga mungkin perlu diperiksa lebih lanjut oleh dokter di klinik, ” katanya.

Dan sementara Kokom Komariah, Ketua Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Lengkong mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada Yayasan Aini memberikan pemeriksaan mata gratis kepada siswa-siswa sekolahnya.

Tidak hanya di SMA Muhammadiyah 3 sekolah lainnya yang masih terafiliasi dengan Muhammadiyah juga akan dilakukan pemeriksaan mata gratis.

“Alhamdulillah kegiatan hari ini pemeriksaan mata gratis atas dukungan dari Yayasan Aini sangat luar biasa bermanfaat sekali. Jumlahnya sekitar 700 orang anak-anak dengan ibu bapak gurunya, ” ungkap Kokom.

Kokom menambahkan, dari hasil pemeriksaan ternyata diketahui banyak siswa yang memang mengalami penurunan kesehatan mata.

“Anak-anak kita banyak juga yang bermasalah. Malah anak SD pada saatnya kelas 3 sudah ada yang matanya plus. Mudah-mudahnya ke depannya dengan bantuan Yayasan Aini anak-anak kita masalahnya bisa terselesaikan dengan kacamata, dengan mata yang sehat, ” imbuhnya.

Dikhawatirkan penurunan kesehatan mata anak-anak akan cukup mengganggu proses pembelajaran siswa dikelas.

“Anak pelajar itu kalau sekolah dia matanya bermasalah maka akan belajar. Dikira anak itu bodoh, padahal dia tidak bisa melihat, buram dan sebagainya, ” ujarnya. (Arf)

Budi Arif

Recent Posts

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

5 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

7 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

8 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

8 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

8 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

9 jam ago