PASNUSANTARA

Maulid Nabi Muhammad SAW: Menag Yaqut Serukan Persatuan dan Toleransi

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Umat Islam saat ini merayakan hari lahir atau Maulid Nabi Muhammad SAW Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyatakan bahwa Maulid bukan hanya sebagai momen untuk mengenang kelahiran Rasulullah SAW, tetapi juga untuk menghayati ajaran-ajaran luhur yang beliau sampaikan.

Menurut Menag, Rasulullah SAW merupakan teladan sempurna dalam berbagai aspek kehidupan—baik sebagai hamba Allah, pemimpin umat, maupun sebagai negarawan yang membangun masyarakat Madinah dengan prinsip keadilan, toleransi, dan kasih sayang.

“Peringatan Maulid Nabi SAW mengandung makna yang mendalam bagi Indonesia. Sosok Rasulullah mengingatkan kita tentang pentingnya persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman,” tegas Menag pada Minggu (15/9/2024).

Rasulullah mengajarkan bahwa perbedaan bukanlah penghalang untuk hidup berdampingan, melainkan kekayaan yang harus dijaga dan dihormati.

Di Madinah, lanjut Menag, Rasulullah membangun masyarakat yang harmonis di tengah keberagaman suku dan agama.

“Sudah seharusnya kita terus berupaya menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang rukun, damai, dan berkeadilan. Sebagai bangsa yang beragam, kita harus terus mengamalkan moderasi beragama agar tercipta kehidupan yang harmonis dan saling menghargai. Inilah kunci dari kebersamaan dan perdamaian yang berkelanjutan,” pesan Menag.

“Mari kita jadikan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai momentum untuk memperkuat komitmen kita dalam meneladani akhlak Rasulullah, baik dalam hubungan kita dengan Allah, antar sesama manusia, maupun dalam menjaga bangsa dan negara,” lanjutnya.

“Melalui peringatan ini, semoga kita dapat terus meningkatkan kecintaan kita kepada Rasulullah SAW dan mengaplikasikan ajaran-ajaran beliau dalam setiap langkah kehidupan,” tandas Menag. (han)

Hanna Hanifah

Recent Posts

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

47 menit ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

2 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

2 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

2 jam ago

Jawa Timur Tambah Emas PON XXI Aceh – Sumut 2024, Setelah Kalahkan Jawa Barat di Cabor Sepak Bola

WWW.PASJABAR.COM -- Kontingen Jawa Barat bertemu kontingen Jawa Timur di final cabor sepak bola PON…

7 jam ago

Dies Natalis FH Unpad, IKANO Undang AHY Kuliah Umum

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Dalam rangka Dies Natalis Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (FH Unpad), Ikatan Keluarga…

8 jam ago