PASNUSANTARA

Komunitas Parekraf, Kunci Pengembangan Ekonomi Kreatif Daerah

ADVERTISEMENT

PALEMBANG, WWW.PASJABAR.COM– Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan pentingnya peran komunitas dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di daerah, khususnya di Palembang, Sumatra Selatan.

Dalam acara Netas (Nemuin Komunitas) yang digelar di Taki Coffee pada Minggu (15/9/2024), Sandiaga mengajak para komunitas untuk lebih aktif terlibat dalam memajukan potensi daerah melalui kegiatan kreatif dan kolaborasi dengan pemerintah.

Menurut Sandiaga, komunitas merupakan garda terdepan dalam pengembangan sektor parekraf.

“Mereka yang terjun langsung di lapangan dan menggeluti bidang yang sesuai dengan passion-nya adalah mitra pemerintah yang sangat penting,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan bahwa komunitas harus lebih dilibatkan dalam pengambilan kebijakan dan penyusunan program-program prioritas di sektor parekraf, terutama karena kontribusi mereka terhadap penciptaan lapangan kerja di Indonesia, yang sebagian besar berasal dari UMKM.

Sandiaga menambahkan bahwa kehadiran komunitas juga sangat krusial dalam memaksimalkan digitalisasi sektor parekraf. Ia berharap komunitas dapat terus menjadi mitra strategis dalam menyosialisasikan berbagai langkah untuk membangun narasi positif yang mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif.

CEO PR Indonesia, Asmono Wikan, mendukung pernyataan Menparekraf dan menekankan potensi besar Palembang sebagai kota bersejarah yang perlu dikembangkan lebih jauh oleh komunitas parekraf.

“Palembang dikenal dengan sejarahnya yang panjang, ini jadi hal yang menarik untuk dikembangkan,” ujar Asmono.

Yudie Thirzano, Pemimpin Redaksi Tribun Sumsel dan Sriwijaya Post, juga menambahkan bahwa keindahan alam Palembang, seperti pemandangan Sungai Musi, adalah daya tarik yang bisa dimanfaatkan oleh komunitas untuk lebih memajukan pariwisata.

Acara ini turut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting seperti Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani, Direktur Poltekpar Palembang, Iwan Riady, dan Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel, Pandji Tjahjanto.

Dengan kolaborasi yang erat antara pemerintah, komunitas, dan sektor swasta, diharapkan sektor parekraf di Palembang akan semakin maju dan berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi daerah. (*/tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

1 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

1 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

2 jam ago

Jawa Timur Tambah Emas PON XXI Aceh – Sumut 2024, Setelah Kalahkan Jawa Barat di Cabor Sepak Bola

WWW.PASJABAR.COM -- Kontingen Jawa Barat bertemu kontingen Jawa Timur di final cabor sepak bola PON…

6 jam ago

Dies Natalis FH Unpad, IKANO Undang AHY Kuliah Umum

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Dalam rangka Dies Natalis Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (FH Unpad), Ikatan Keluarga…

8 jam ago

Fakultas Teknik Unpas Terima Penghargaan Pembinaan IKM dari Kab Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Fakultas Teknik Universitas Pasundan (FT Unpas) menerima penghargaan sebagai Stakholder Award bagi…

9 jam ago