PASKESEHATAN

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono Jakarta, dr. Rozana Nurfitri Yulia, M.Gizi, Sp.GK, menjelaskan bahwa penderita diabetes melitus (DM) perlu memperhatikan jenis gula yang mereka konsumsi untuk mencegah lonjakan gula darah yang drastis.

“Yang harus kita perhatikan pertama ada DM nggak, gula darahnya tinggi nggak, diabetes ga, kalau orang dengan diabetes kalau saya saran hanya gula pengganti, kalau nggak diabetes boleh maksimal 4 sendok makan,” ujarnya, dilansir dari Antara.

Rozana menyebutkan bahwa gula yang umum dikonsumsi masyarakat, seperti gula putih, mengandung sukrosa.

Dia menjelaskan bahwa meskipun sukrosa masih diperbolehkan dalam jumlah yang wajar untuk penderita diabetes, ada risiko jika sukrosa digunakan sebagai pemanis dalam minuman kemasan.

“Yang bahaya sukrosa yang dimasukkan ke dalam kemasan, itu menyebabkan peningkatan asam urat,” tambahnya.

Mengenai pilihan gula, Rozana menjelaskan bahwa baik gula pasir putih maupun gula merah mengandung sukrosa, tetapi gula merah juga mengandung mineral yang tidak ada dalam gula putih, sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan.

Dia juga mengingatkan penderita diabetes untuk berhati-hati dalam mengonsumsi madu yang dijual di pasaran, karena sebagian besar madu mengandung sukrosa yang berlebihan.

“Yang sering disalahgunakan menjadi pemanis adalah madu, itu juga nggak boleh untuk orang DM karena dari penelitiannya di semua institusi bahwa madu kita hampir 50 persen mengandung sukrosa, kalau saya nggak pernah menyarankan konsumsi madu,” kata Rozana. (han)

Hanna Hanifah

Recent Posts

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

39 menit ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

2 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

3 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

3 jam ago

Jeni Cindianti, Gadis dengan Segudang Cita-cita

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Jeni Cindianti, yang akrab dipanggil Jeni, adalah sosok gadis yang penuh dengan semangat…

3 jam ago

Operasikan Dapur Umum untuk Pengungsi Gempa, 7.000 Paket Makanan di Siapkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten Bandung mulai mengoperasikan dapur umum untuk mendukung kebutuhan logistik bagi…

4 jam ago