HEADLINE

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

ADVERTISEMENT

WWW.PASJABAR.COM — Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Kepastian itu diraih usai jumlah medali emas Jabar mampu mengalahkan DKI Jakarta di klasemen PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Seperti yang diketahui, PON XXI Aceh-Sumut 2024 telah bergulir sejak 9 September dan berakhir hari ini, (20/9/2024). PON edisi kali ini pun terasa spesial karena untuk pertama kalinya PON digelar di dua wilayah berbeda, yakni Aceh dan Sumatera Utara (Sumut).

Total ada 46 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan di PON XXI Aceh-Sumut 2024 tersebut. Hasilnya, Jabar keluar sebagai juara umum usai mengoleksi total 538 medali.

Rinciannya, Jabar meraih 195 medali emas, 163 perak, dan 180 perunggu. Jumlah tersebut terbilang luar biasa karena Jabar unggul cukup jauh dari DKI Jakarta yang finis sebagai runner-up.

DKI Jakarta sendiri finis kedua dengan total mengoleksi 479 medali. Dengan rincian, 184 medali emas, 150 perak, 145 perunggu.

Bila melihat posisi tersebut, bisa dikatakan serupa dengan PON XX Papua 2021, di mana Jabar juara umum dan DKI Jakarta menjadi runner-up. Jabar pun sudah melebihi pencapaian PON XX Papua 2021.

Pasalnya pada edisi sebelumnya itu, Jabar yang keluar sebagai juara umum dengan mengoleksi total 353 medali dengan 133 emas. Kini dengan menjadi juara umum PON XXI Aceh-Sumut 2024, maka Jabar mampu hattrick menjadi juara umum PON secara beruntun.

Pada PON XIX Jawa Barat 2016, Jabar juga mampu menjadi yang terbaik. Begitu juga di PON XX Papua 2021.

Secara total, kini Jabar sudah mengoleksi enam gelar juara umum PON. Jabar hanya kalah dari DKI Jakarta yang sudah mengoleksi 11 gelar semenjak PON bergulir pada1948 silam.

pri

Recent Posts

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

1 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

2 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

3 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

3 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

3 jam ago

Jeni Cindianti, Gadis dengan Segudang Cita-cita

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Jeni Cindianti, yang akrab dipanggil Jeni, adalah sosok gadis yang penuh dengan semangat…

3 jam ago