PASNUSANTARA

Sumur Bor Wakaf Salman di NTT Sukses Hadirkan Solusi Air Bersih

ADVERTISEMENT

MANGGARAI BARAT, WWW.PASJABAR.COM–Wakaf Salman meresmikan Wakaf Air Sumur Bor di Kampung Tondong Bilas, Kecamatan Mbeliling, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Jumat (20/9/24).

Setelah tiga minggu pengeboran, sumur tersebut kini menjadi sumber air bersih yang sangat dibutuhkan oleh ratusan keluarga di wilayah tersebut.

Sebelumnya, warga Kampung Tondong Bilas, khususnya para ibu rumah tangga, harus berjuang keras mengambil air dari medan yang curam. Setiap hari mereka harus melakukan perjalanan tiga hingga empat kali untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti memasak dan mencuci. Kini, dengan kedalaman 95 meter, sumur bor tersebut menghasilkan aliran air yang cukup deras, mencukupi kebutuhan 210 warga.

Nahmudah, salah satu kepala keluarga di kampung tersebut, menyatakan rasa syukur dan kegembiraannya atas bantuan ini. Menurutnya, dengan akses air bersih yang kini tersedia, warga dapat kembali beraktivitas dengan normal tanpa kendala.

“Kami sangat bersyukur, kini aktivitas sehari-hari bisa berjalan lancar tanpa harus menghadapi kesulitan air seperti dulu,” ujarnya.

Senada dengan Nahmudah, warga lain bernama Syarif Huntara juga merasakan manfaat besar dari sumur bor ini. Dia menegaskan bahwa warga kini berkomitmen untuk menjaga aset wakaf tersebut dengan baik, sebagai amanah yang harus dipelihara.

“Air sekarang mengalir dengan deras, kami berterima kasih kepada Wakaf Salman dan para donaturnya. Bantuan ini benar-benar mengubah hidup kami,” tambahnya.

Manager Waqf Development Team Wakaf Salman, Ryan Faisal, menyampaikan bahwa program Wakaf Air ini akan terus disebarluaskan, terutama di wilayah-wilayah yang terdampak kekeringan seperti NTT dan NTB.

Selain program di NTT, Wakaf Salman juga berencana melanjutkan beberapa proyek serupa di berbagai wilayah yang membutuhkan.

Ryan mengajak masyarakat yang ingin berkontribusi untuk umat melalui wakaf atau infak, bisa menunaikan donasinya melalui situs resmi Wakaf Salman.

“Bagi Sobat Wakaf yang ingin berkontribusi dalam kemaslahatan umat, Sobat bisa menunaikan wakaf dan infak terbaiknya melalui website wakafsalman.or.id atau DM Instagram @wakafsalman.itb,” tutup Ryan.

Dengan adanya program ini, diharapkan masyarakat yang selama ini kesulitan mendapatkan air bersih dapat menjalani hidup dengan lebih baik. Wakaf Salman berkomitmen untuk terus membantu dalam mengatasi krisis air bersih di berbagai wilayah, terutama di daerah-daerah yang terdampak kekeringan. (*/tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Polres Cimahi Ringkus Lima Begal Sadis di Cianjur dan Padalarang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Satreskrim Polres Cimahi berhasil menangkap lima pelaku begal yang meresahkan masyarakat di…

1 jam ago

Dadang Supriatna-Ali Syakieb Resmi Dapat Nomor 2, Siap Bangun Bandung Lebih Bedas

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Dadang Supriatna-Ali Syakieb (Bedas) mendapat…

2 jam ago

Kabinet Ala Koalisi Gemoy

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Setelah…

3 jam ago

Rayakan HUT ke-79, Lanud Husein Gelar Bakti Kesehatan dan Sembako Gratis

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Lanud…

4 jam ago

Gol Dimas dan Ryan Bantu Persib Kandaskan Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Persib Bandung menang dengan skor 2-0 atas Persija Jakarta di Stadion  Si…

4 jam ago

Cawawalkot Kota Bandung Erwin Minta Restu Ketua Umum PB Paguyuban Pasundan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Calon Wakil Walikota (Cawawalkot) Bandung dari partai PKB, meminta restu Ketua Umum…

4 jam ago