PASOLAHRAGA

Ketua Umum Viking Persib Kecam Kekerasan Suporter: Kekerasan Tidak Bisa Dibenarkan!

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Ketua Umum Viking, Tobias Ginanjar, menanggapi kericuhan yang dilakukan oleh oknum suporter Persib Bandung terhadap puluhan petugas keamanan (steward).

Kericuhan tersebut terjadi setelah pertandingan melawan Persija Jakarta di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Senin (23/9/2024).

Tobias mengecam tindakan kekerasan tersebut dan menegaskan bahwa kekerasan dalam bentuk apa pun tidak dapat dibenarkan dalam dunia sepak bola.

“Atas alasan apa pun, kekerasan tidak bisa dibenarkan. Kemarin kami berdiri bersama korban karena sepakat bahwa tidak boleh ada kekerasan atau pelecehan di dalam stadion,” ujar Tobias dalam keterangan yang diterima di Bandung pada Selasa (24/9/2024) dilansir dari Antara.

Tobias juga menyoroti adanya masalah mendasar terkait komunikasi antara pihak klub dan para suporter.

Menurutnya, ketegangan dan kesalahpahaman yang kerap terjadi antara manajemen klub dan Bobotoh disebabkan oleh pola komunikasi yang tidak pernah diselesaikan dengan tuntas.

“Yang muncul adalah prasangka dan kecurigaan dari satu sama lain. Kejadian kemarin bisa dimaknai sebagai akumulasi kekecewaan yang diekspresikan secara berlebihan terhadap permasalahan-permasalahan sebelumnya yang tidak pernah secara tuntas diselesaikan,” jelasnya.

Ia menegaskan bahwa membalas kekerasan dengan kekerasan bukanlah solusi dan hanya akan memperburuk keadaan.

Insiden tersebut, menurut Tobias, dipicu oleh dugaan perselisihan pada laga sebelumnya melawan Port FC, di mana ada tindakan kekerasan fisik dan verbal dari steward kepada suporter.

“Jika kami melawan kekerasan dengan kekerasan lagi, lalu apa yang membedakan kami dengan pelaku kekerasan kemarin?” tambah Tobias.

Lebih lanjut, Tobias menyampaikan permintaan maaf atas insiden yang terjadi dan menegaskan komitmennya untuk mengambil tanggung jawab jika ada anggota Viking yang terlibat dalam kekerasan tersebut.

“Sebagai Ketua Umum Viking Persib Club, saya meminta maaf atas peristiwa yang terjadi. Saya siap mengambil tanggung jawab jika ada anggota Viking yang terbukti terlibat dalam kekerasan. Semoga seluruh korban yang terdampak dari kejadian kemarin segera pulih dan diberikan kesembuhan,” ucapnya.

Sebelumnya, kericuhan suporter terjadi dalam laga lanjutan Liga 1 2024/2025 antara Persib Bandung dan Persija Jakarta setelah wasit asal Malaysia, Muhammad Nazmi, meniup peluit panjang mengakhiri pertandingan yang dimenangkan oleh Persib dengan skor 2-0.

Setelah pertandingan berakhir, oknum suporter Persib di tribun selatan dan tribun utara langsung turun ke lapangan dan menyerang petugas keamanan yang sedang bertugas.

Para suporter melempari para steward dengan botol minuman dan kursi, serta melakukan pengeroyokan di lapangan.

Akibatnya, pagar pembatas antara area tribun dan lapangan mengalami kerusakan.

Petugas kepolisian yang bertugas dengan cepat mengambil tindakan untuk menghalau para oknum suporter kembali ke tribun masing-masing. (han)

Hanna Hanifah

Recent Posts

Perapihan Kabel Udara Capai 42 Titik Ruas Jalan Kota Bandung Sepanjang 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung terus melakukan upaya merapikan kabel…

33 menit ago

Firasat Dimas Drajad Mengenai Laga Persib vs Persija Terbukti Nyata

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dimas Drajad merasakan ambisi menggebu jelang laga Persib Bandung vs Persija Jakarta…

2 jam ago

Erick Thohir Marah Besar Tentang Kerusuhan Persib

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Kerusuhan Persib membuat Ketua Umum PSSI, Erick Thohir marah,  ketika mengetahui adanya…

2 jam ago

Sikap Persib dan LIB soal Kericuhan Usai Laga Persib Vs Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kericuhan terjadi di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, tepatnya usai laga…

4 jam ago

Venue Konser Pindah Sheila on 7 Beri Konpensasi Hingga Refund Tiket

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Setelah sebelumnya promotor Sheila on 7 mengumumkan pindah venue konser, kini bagian…

4 jam ago

Kenaikan Harga Pangan, Beras Premium Tembus Rp15.800 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Pangan Nasional (Bapanas) melaporkan kenaikan harga pada sejumlah komoditas pangan, termasuk…

5 jam ago