HEADLINE

Gagal Finis di Sirkuit Mandalika, Marc Marquez Kritik Penggunaan APAR

ADVERTISEMENT

WWW.PASJABAR.COM — Kembali alami nasib sial di sirkut Mandalika, pembalap Gresini Ducati, Marc Marquez mengkritik penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang berada di Sirkuit Mandalika pada balapan MotoGP Mandalika 2024.

Menanggapi kritikan tersebut, Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria menegaskan kalau penggunaan APAR yang dilakukan steward di Sirkuit Mandalika sudah sesuai aturan balap yang berlaku.

Untuk yang belum tahu, The Baby Alien -julukan Marc Marquez- mengalami nasib sial saat menjalani balapan utama MotoGP Mandalika 2024 di Sirkuit Mandalika pada Minggu (29/9/2024) sore WIB. Marquez gagal finis karena motornya terbakar.

Hal itu membuat Marquez gagal finis karena motornya rusak total. Kendati tidak paham mengapa hal itu bisa terjadi, di sisi lain The Baby Alien menyebut kondisi ini terjadi karena petugas tidak memiliki alat pemadam kebakaran yang tepat.

Sentilan itu pun membuat MGPA selaku pengelola sirkuit dan promotor lokal buka suara. Dijelaskan bahwa seluruh aspek termasuk APAR yang ada di Sirkuit Mandalika telah memenuhi aturan balap yang berlaku dan telah mengantongi Homologasi Grade A.

“Penggunaan APAR di MotoGP Indonesia di Sirkuit International Pertamina Mandalika, sudah sesuai dengan peraturan balap yang berlaku,” tutur Priandhi dalam keterangan resminya, dikutip Selasa (1/10/2024).

“Pertamina Mandalika International Circuit sudah memenuhi aturan FIM untuk melaksanakan kegiatan balap MotoGP dan sudah mendapatkan Homologasi Grade A pada hari Kamis, 26 September 2024. Untuk mendapatkan homologasi ini, telah dilakukan track inspection yang dilakukan oleh pihak promotor (Dorna), Race Direction (Loris Capirossi), FIM Safety Officer (Tome Alfonso) Race Director (Mike Webb) serta perwakilan IMI dan manajemen MGPA,” jelasnya.

“Homologasi Grade A dikeluarkan dengan persetujuan MotoGP Steward Panel yakni Freddie Spencer, Andres Somolinos yang mengatur semua hal berkaitan dengan kondisi sirkuit serta perangkat dan fasilitas pendukungnya,” lanjut Priandhi.

Deputi Olahraga Sepeda Motor IMI (Ikatan Motor Indonesia) Pengurus Pusat dan FIM CCR (Closed Circuit Racing) Member, Eddy Saputra, turut menjelaskan terkait aturan penggunaan peralatan di seluruh sirkuit MotoGP, yang mana dalam hal ini termasuk APAR. Terdapat tiga poin dalam aturan tersebut.

Pertama, diutamakan 2 APAR dengan tipe ABC Powder 6kg yang tersedia di semua pos marshal. Kemudian, AFF foam (busa), tersedia di beberapa pos marshal. Dan yang terakhir, APAR type CO2 yang khusus indoor yang disiapkan hanya di depan pit, karena penggunaan terbaik untuk di dalam ruangan tertutup.

Berkaca dari kejadian Marquez, kata Eddy, maka APAR yang digunakan adalah APAR berbentuk powder atau foam. Mengingat, kejadian itu terjadi di dalam lintasan. Eddy juga menyampaikan bahwa pimpinan loma dan safety officer yang bertugas telah berkomunikasi dengan tim Gresini Ducati untuk menanyakan keluhan serta menjelaskan mengenai prosedur yang ada.

“Jika ada motor yang terbakar di dalam track, maka otomatis petugas marshal akan menyemprotkan APAR yang berbentuk powder atau foam. Jadi tidak ada yang salah dengan dengan petugas marshal dan Pertamina Mandalika International Circuit,” tutur Eddy.

“Dalam kasus terbakarnya motor Marquez, Pimpinan Lomba dan Safety Officer yang bertugas juga sudah menghubungi team Gresini untuk menanyakan keluhannya dan sekaligus memberikan penjelasan tentang prosedur ini. Mereka bukanlah team yang baru di MotoGP, sehingga pasti mereka sangat mengerti mengenai prosedur yang dikeluarkan oleh FIM,” sambungnya.

“Marc Marquez sebagai pembalap dari Tim Gresini, mungkin sangat memperhatikan mengenai faktor financial team yang dinaungi. Mengingat besarnya biaya yang akan dikeluarkan tim untuk memperbaiki motornya. Musibah siapa yang bisa menolak,” tuntas Eddy.

pri

Recent Posts

Ahmad Syaikhu Ngabubur Bareng Sopir Angkot

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Ahmad Syaikhu Calon Gubernur Jawa Barat dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berkunjung…

27 menit ago

Kaesang Pangarep Siap Menangkan Arfi – Yena di Pilkada Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia atau PSI, Kaesang Pangarep bersiap memenangkan pasangan…

1 jam ago

Mantan Kapten Red Sparks Dipecundangi Megawati dkk di Laga Pertama KOVO Cup 2024

WWW.PASJABAR.COM -- Laga pertama KOVO Cup 2024 grup B di Teongyeong Gymnasium, Korea Selatan telah…

2 jam ago

Dikdik S Nugrahawan Janji Tingkatkan Layanan Kesehatan Warga Cimahi Lewat BPJS

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Calon Wali Kota Cimahi Nomor Urut 1, Dikdik S Nugrahawan mengaku memiliki…

4 jam ago

Al Nassr Tumbangkan Al Rayyan, jadi Kemenangan Perdana Cristiano Ronaldo di Liga Champions Asia 2024/2025,

WWW.PASJABAR.COM -- Cristiano Ronaldo mencetak gol perdananya di Liga Champions Asia 2024/2025. Tim yang digawangi…

4 jam ago

Bentrokan Geng Motor di Batujajar, Satu Orang Tewas dan Pelaku Tertangkap Saat Bersembunyi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Keributan antar berandalan geng motor di kawasan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, menelan…

5 jam ago