HEADLINE

500 Ribu Massa ARI-BP Siap Gelar Aksi Solidaritas Palestina di Depan Kedubes AS

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina (ARI-BP) akan menggelar aksi besar-besaran untuk mendukung kemerdekaan Palestina.

Aksi ini sebagai bentuk menjelang peringatan satu tahun genosida di Gaza dan 76 tahun perlawanan Palestina, bertempat di Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jakarta, pada Minggu (6/10/2024).

Komite Pelaksana ARI-BP, KH Nazar Haris, dalam jumpa persnya di Jakarta Timur, Jumat malam, mengajak seluruh elemen masyarakat.

Baik aktivis, tokoh agama, pejabat negara, hingga artis, untuk ikut serta dalam aksi solidaritas ini.

“Kami mengundang seluruh masyarakat yang punya hati nurani untuk menyampaikan kepedulian terhadap Palestina dengan turut serta dalam aksi ini, yang akan dimulai pukul 05.30 WIB di Patung Kuda,” kata Nazar, dilansir dari Antara

Lebih dari 500.000 peserta diperkirakan akan menghadiri aksi yang juga akan diisi dengan longmarch dari Patung Kuda menuju Kedubes AS.

Peserta aksi diharapkan dapat menyampaikan dukungan dan empati terhadap penderitaan rakyat Palestina yang terus menghadapi kekerasan oleh Israel.

Nazar juga menekankan bahwa momen ini adalah panggilan bagi bangsa Indonesia. Yakni untuk konsisten dengan semangat Dasasila Bandung, yang mendorong kemerdekaan semua bangsa.

“Kemerdekaan adalah hak segala bangsa, dan Indonesia harus tetap komitmen dengan prinsip-prinsip yang mendukung kebebasan Palestina,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional, Sudarnoto Abdul Hakim, menegaskan bahwa aksi ini memilih Kedubes AS sebagai lokasi protes karena Amerika Serikat selama ini dianggap mendukung agresi Israel di Gaza.

“Israel dan Amerika adalah musuh kemanusiaan yang utama, dan suara kita harus diarahkan pada penyebab utama kehancuran ini,” katanya.

Aksi ini juga akan mendorong Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk memberikan sanksi kepada Israel dan AS.

Selain itu, ARI-BP mendesak presiden terpilih Prabowo Subianto agar fokus memberikan dukungan bagi Palestina dalam 100 hari pertamanya menjabat, setelah resmi dilantik pada 20 Oktober 2024. (han)

Hanna Hanifah

Recent Posts

Perjalanan Panjang Wanoja Coffee, dari Ladang ke Cangkir Kopi Dunia

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Proses perjalanan biji kopi hingga menjadi secangkir kopi yang dinikmati setiap hari…

54 menit ago

Cari Ketenangan? Ini 5 Kafe Hidden Gem di Bandung yang Wajib Dikunjungi!

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Weekend ini sudah tahu mau me time kemana? Mungkin ada sebagian warga…

2 jam ago

Harga Pangan Melambung: Cabai dan Beras Cetak Kenaikan Tertinggi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat bahwa sejumlah komoditas pangan mengalami kenaikan harga…

4 jam ago

Sikomandan Program Kab Purwakarta Dukung Kuliner Sate Maranggi

KAB PURWAKARTA, WWW.PASJABAR.COM -- Untuk mendukung ke khasan kulier Kabupaten Purwakarta Sate Maranggi itu, Pemerintah Kabupaten…

4 jam ago

Gubernur Jabar Ajak AMSI Tangkal Hoaks dan Tingkatkan Literasi Digital

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, mengajak Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI)…

5 jam ago

Konten Palestina di Media Sosial Diduga Disensor, Para Ahli Soroti Algoritma

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Platform media sosial dan digital telah menjadi alat penting bagi warga Palestina…

6 jam ago