PASBANDUNG

Pemerintah Salurkan Bantuan Pangan Beras untuk 109.333 KPM di Bandung

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Sebanyak 109.333 Kelompok Penerima Manfaat (KPM) akan menerima bantuan pangan berupa beras dari pemerintah.

Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) merupakan inisiatif dari pemerintah pusat sebagai bentuk bantuan sosial pangan kepada keluarga yang terdaftar dalam Program Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

Setiap keluarga penerima akan mendapatkan 10 kg beras.

Dalam kesempatan tersebut, Penjabat Wali Kota Bandung, A. Koswara, menegaskan bahwa bantuan ini akan tepat sasaran sehingga para penerima dapat memanfaatkannya dengan baik.

“Cadangan pangan ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, terutama bagi keluarga yang sudah terdaftar sebagai KPM,” ujarnya saat memantau kegiatan penyaluran CPP berupa beras dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) di Kantor Kelurahan Cigondewah Kidul pada Rabu (9/10/2024), dilansir dari Pemkot Bandung.

Koswara mencatat bahwa di Kota Bandung terdapat 109.333 KPM, dengan 416 KPM di Kelurahan Cigondewah Kidul yang akan menerima bantuan beras tersebut.

“Kita harus memberikan bantuan ini karena program ini berfungsi untuk mencegah peningkatan angka kemiskinan,” katanya.

Untuk gelombang ketiga, dia memastikan bantuan akan disalurkan pada 14 Oktober, dilanjutkan kembali pada bulan Desember.

Mengenai Program CPP

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar, menyampaikan bahwa CPP adalah program pemerintah pusat yang dilaksanakan melalui Bapanas.

“Program ini diterapkan di daerah dengan Bulog sebagai penyedia beras, dan PT Pos sebagai jasa pengangkutan ke daerah masing-masing,” jelasnya.

Gin Gin menambahkan bahwa pendistribusian telah dimulai sejak awal tahun 2024, dan saat ini Kota Bandung telah memasuki gelombang ketiga distribusi.

“Kota Bandung sudah memulai program ini sejak Januari hingga Juli. Saat ini, kita sudah memasuki gelombang ketiga dengan tiga kali pembagian, yaitu pada bulan Agustus, Oktober, dan Desember. Total KPM di Kota Bandung mencapai 109.333,” ujarnya.

Ia juga mencatat bahwa saat ini sudah 63 persen distribusi berjalan. Proses ini terus berlanjut, dengan sekitar 23 kelurahan yang menerima distribusi beras CPP setiap harinya.

“Semua data penerima terdaftar di P3KE, dan data tersebut sudah disinkronkan di daerah. Ini merupakan hasil dari validasi yang dilakukan,” tuturnya. (han)

Hanna Hanifah

Recent Posts

PUPR Izinkan Penggunaan GBLA untuk Persib, Renovasi Masih Berlanjut

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah memberikan izin penggunaan Stadion…

9 menit ago

Tebar Cinta Akhiri AIDS, Inisiatif Kolaboratif untuk ODHA di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota…

1 jam ago

Arti Kesejahteraan Sosial

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) - Kesejahteraan Sosial…

2 jam ago

PFI Resmi Luncurkan Chapter Makassar, Perkuat Sinergi Filantropi Lokal

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Perhimpunan Filantropi Indonesia (PFI) resmi meluncurkan PFI Chapter Makassar dalam acara Philanthropy…

3 jam ago

Wasit Ahmed Al-Kaf Pupuskan Kemenangan Timnas Indonesia

Bandung, www.pasjabar.com -- Kemenangan timnas Indonesia atas Bahrain harus pupus oleh wasit Ahmed Al-Kaf. Pasukan…

9 jam ago

Bahrain Vs Indonesia: Gol Menit Akhir Paksa Garuda Imbang 2-2

WWW.PASJABAR.COM -- Timnas Indonesia terpaksa ditahan imbang 2-2 oleh Timnas Bahrain dengan dram gol di…

9 jam ago