HEADLINE

Upaya Kemenhub Membantu Transportasi Publik Bandung Raya

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Untuk meningkatkan infrastruktur transportasi publik di wilayah Bandung Raya.

Kementerian Perhubungan akan terus berupaya mempercepat beberapa proyek transportasi publik. Salah satunya menghadirkan Bus Rapid Transit (BRT) di Bandung Raya.

Hal tersebut diungakpkan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi di Aula Timur ITB, Senin (14/10/24)

Selain itu, Kementerian Perhubungan tahun ini juga telah menyelesaikan proyek elektrifikasi di jalur kereta api rute timur-barat atau dari Cicalengka – Padalarang.

Sementara untuk membantu di jalur atau rute utara – selatan,

Kementerian Perhubungan telah mewacanakan dan mengusulkan guna menghadirkan moda transportasi berbentuk Autonomous Rail Rapid Transit (ART)

Kementrian Perhubungan akan terus berupaya agar transportasi publik di Bandung Raya lebih aman dan nyaman digunakan oleh masyarakat.

Perkuat Transportasi Publik

Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menyerukan penguatan transportasi publik di metropolitan Bandung Raya mencakup Kota dan Kabupaten Bandung,

Kota Cimahi, serta Kabupaten Bandung Barat.

Bey memaparkan data dari Urban Mobility Plan, bahwa pergerakan orang di Bandung Raya, baik dari barat ke timur maupun utara ke selatan, mencapai 16.727.436 trip atau perjalanan per hari dengan menggunakan kendaraan.

Volume lalu lintas meningkat 10 – 15 persen per tahun.

“Untuk itu perlu penguatan transportasi umun perkotaan khususnya wilayah metropolitan Bandung Raya,” ujar Bey Machmudin dalam seminar nasional

‘Arah Kebijakan Transportasi Nasional dan Penguatan Angkutan Umum Perkotaan di Indonesia’ di Aula Timur, kampus ITB, Jalan Ganeca, Kota Bandung, Senin (14/10/2024).

Seminar diinisiasi Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) yang dihadiri para pakar dan pemerhati transportasi publik, serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Bey menjelaskan, pertumbuhan penduduk yang pesat di kawasan aglomerasi Bandung Raya membawa implikasi besar terhadap kebutuhan transportasi yang lebih terintegrasi dan berkelanjutan.

Namun kenyataannya saat ini masih sedikit masyarakat yang mau menggunakan moda transportasi umum.

“Yang paling krusial adalah masih sedikitnya penggunaan moda transportasi umum yakni hanya 10 persen. 60 persen masyarakat di Bandung Raya menggunakan sepeda motor dan 30 persen mobil pribadi,” sebut Bey.

Kata Bey, pemerintah terus berupaya agar masyarakat mau menggunakan transportasi umum, salah satunya menyediakan layanan transportasi umum yang terintegrasi seperti BRT, LRT, dan cable car.

“Pergerakan yang masif di Bandung Raya perlu didukung layanan tranaportasi umum yang terintegrasi seperti BRT, LRT, maupun cable car,” kata Bey.

Bey berharap seminar nasional ini dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan transportasi khususnya dalam upaya penguatan angkutan umum perkotaan Bandung Raya.

“Semoga hasil dari diskusi ini memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan transportasi di Bandung Raya khususnya dalam penguatan angkutan umum,” harapnya. (Uby)

Uby

Recent Posts

Hasil Brasil Vs Peru: Raphinha 2 Gol, Tim Samba Menang 4-0

WWW.PASJABAR.COM -- Brasil meraih kemenangan 4-0 saat menjamu Peru di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona…

20 menit ago

Penemuan Bayi di Dalam Ransel Gegerkan Warga Batujajar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Warga Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, dikejutkan oleh penemuan seorang bayi yang ditinggalkan…

21 menit ago

Walaupun Kalah dari China, Shin Tae-yong Angkat Topi untuk Timnas Indonesia

WWW.PASJABAR.COM -- Kalah dari China, Shin Tae-yong angkat topi untuk Timnas Indonesia, sebut 1 penyebab…

1 jam ago

Arab Saudi vs Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Berakhir Imbang 0-0

WWW.PASJABAR.COM -- Setelah bermain 90 menit di kandang pada Rabu (16/10/2024) dini hari WIB, Arab…

2 jam ago

Tagar STY Out Menggema Usai Indonesia Kalah dari China, Erick Thohir Lakukan Evaluasi

WWW.PASJABAR.COM -- Tagar STY Out menggema sesaat setelah Timnas Indoneia kalah dari Timnas China dalam…

3 jam ago

AFC Membuat Kesalahan saat China Kalahkan Indonesia

WWW.PASJABAR.COM -- AFC membuat kesalahan saat Timnas China mengalahkan Timnas Indonesia. China menuai hasil manis…

4 jam ago