PASBANDUNG

Pengusaha Hotel dan Restoran Bandung Komit Kelola Sampah Mandiri

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Sejumlah pengusaha hotel dan restoran di Kota Bandung menyatakan komitmennya untuk kelola sampah secara mandiri sebagai bentuk dukungan terhadap upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dalam menyelesaikan permasalahan sampah.

Ketua Riung Priangan, Arief Bonafianto, menyebut bahwa beberapa hotel di bawah naungannya telah mulai memilah sampah secara mandiri, khususnya di sektor perhotelan.

Arief menjelaskan bahwa pihaknya bersama Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan Asosiasi Kafe dan Restoran (Akar) tengah melakukan pendataan terhadap hotel dan restoran yang menggunakan jasa angkut dari vendor atau pihak ketiga.

Pendataan ini mencakup aspek pengangkutan, pemilahan, hingga pembuangan sampah guna memastikan Kota Bandung mampu kelola sampah mandiri dengan baik.

“Kita akan mengurai permasalahan ini bersama agar jelas, dan saat ini sedang dilakukan pendataan,” ujar Arief dalam pertemuan di Balai Kota Bandung, Rabu (23/10/2024), dilansir dari Pemkot Bandung.

Arief menambahkan bahwa hotel bintang lima, seperti GH Universal dan Trans Hotel, sudah mampu mengelola sampah secara mandiri.

Sementara itu, hotel lain menggunakan metode yang bervariasi, seperti maggotisasi di Grand Tjokro dan El Hotel.

Meskipun beberapa hotel baru fokus pada pengelolaan sampah organik, upaya pemilahan yang benar sudah merupakan langkah signifikan.

Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) PHRI Jawa Barat, Dodi Ahmad Sofandi, juga menyatakan kesiapan untuk mendukung Pemkot Bandung dalam menjaga lingkungan, terutama dalam pemilahan sampah.

Dia berharap regulasi yang ada bisa diikuti oleh seluruh anggota PHRI dan meminta lurah serta camat untuk mendata dan memberikan edukasi kepada hotel dan restoran di wilayahnya terkait pengelolaan sampah mandiri.

Penjabat Wali Kota Bandung, A. Koswara, mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh para pengusaha.

Ia juga terus mendorong wilayah-wilayah di Kota Bandung untuk bergerak lebih masif dalam mendukung pengelolaan sampah dari sumbernya. (han)

Hanna Hanifah

Recent Posts

Viral Perpanjangan Waktu Hingga Menit 100

WWW.PASJABAR.COM -- Keputusan wasit Ammar Abo Alo yang memperpanjang waktu tambahan hingga menit ke 100…

10 menit ago

Skor Gila Kualifikasi Piala Asia U-17 2025

WWW.PASJABAR.COM -- Hasil pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 pada Rabu (23/10) memunculkan banyak skor…

1 jam ago

Memiliki Kumis Tebal, Pemain Kuwait U-17 Jadi Sorotan

WWW.PASJABAR.COM -- Netizen salah fokus dengan pemain Kuwait yang punya kumis tebal saat lawan Timnas…

2 jam ago

Pemkab Bandung Tingkatkan Pengelolaan Sampah, Kurangi Beban TPA Sarimukti

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung terus mengoptimalkan pengelolaan sampah organik dan anorganik yang…

3 jam ago

SMKN 1 Karawang, Jadi Sekolah Asia Pertama Kembangkan Think Big Space dari Amazon

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – SMKN 1 Karawang jadi sekolah di Asia pertama yang digandeng Amazon mengembangkan…

3 jam ago

600 Santri Peringatan Hari Santri di Pemkot Cimahi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Pemerintah Kota Cimahi memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2024. Peringatan Hari Santri…

4 jam ago