HEADLINE

Sidang Doktor Ilmu Manajemen Pascasarjana Unpas Endang Susilawati, Bahas Dunia Perbankan

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Endang Susilawati berhasil meraih gelar doktor di bidang Ilmu Manajemen dari Program Pascasarjana Universitas Pasundan (Unpas) setelah sukses mempertahankan disertasinya dalam sidang promosi doktor yang digelar pada Kamis (24/10/2024).

Sidang yang dipimpin oleh Prof. Dr. H. Azhar Affandi, S.E., M.Sc., berlangsung di Aula Mandalasaba Dr. Djoenjoenan, Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatera No. 41 Bandung.

Endang Susilawati berhasil meraih gelar doktor di bidang Ilmu Manajemen Pascasarjana Unpas dalam sidang promosi doktor yang digelar pada Kamis (24/10/2024). (foto: han/pasjabar)

Dalam sidang tersebut, Dede diuji oleh beberapa pakar, antara lain Prof. Dr. H. M. Sidik Priadana, MS., Prof. Dr. H. Bambang Heru P, MS., Prof. Dr. H. Atang Hermawan, SE., MSIE., AK., Prof. Mokhamad Anwar, SE., M.Si., PH.D., dengan promotor Prof. Dr. H. Jaja Suteja, SE., M.Si., dan co-promotor Dr. Hj. Ellen Rusliati, SE., MSIE.

Disertasi Endang yang berjudul Determinasi Profitabilitas dan Implikasinya terhadap Nilai Perusahaan yang Dimoderasi Inflasi (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Industri Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2022) bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi profitabilitas dan dampaknya terhadap nilai perusahaan, dengan inflasi sebagai variabel moderasi.

Endang Susilawati berhasil meraih gelar doktor di bidang Ilmu Manajemen Pascasarjana Unpas dalam sidang promosi doktor yang digelar pada Kamis (24/10/2024). (foto: han/pasjabar)

Penelitian ini mengambil sampel dari 110 perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2013-2022.

Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data sekunder.

Teknik penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, sedangkan analisis data menggunakan regresi data panel.

Hasil Penelitian dan Harapan untuk Unpas

Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur modal, modal kerja, pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, Good Corporate Governance, dan kebijakan dividen secara positif dan signifikan mempengaruhi profitabilitas, baik secara parsial maupun simultan.

Profitabilitas juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, dengan inflasi memperkuat pengaruh tersebut.

Endang Susilawati berhasil meraih gelar doktor di bidang Ilmu Manajemen Pascasarjana Unpas dalam sidang promosi doktor yang digelar pada Kamis (24/10/2024). (foto: han/pasjabar)

“Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan juga dapat menjadi referensi bagi masyarakat luas serta akademisi yang ingin melanjutkan penelitian di bidang ini. Selain itu, saya berharap hasil penelitian ini berguna bagi perusahaan-perusahaan yang terdaftar di BEI, serta para investor yang tertarik menanamkan sahamnya di sektor ini,” ujar Endang dalam wawancara setelah sidang.

Endang dinyatakan lulus dengan IPK akhir 3,68 dengan predikat sangat memuaskan, menjadikannya lulusan ke-495 dalam Program Doktor Ilmu Manajemen Unpas.

Ia juga mengungkapkan harapannya untuk Universitas Pasundan.

“Semoga pascasarjana Unpas semakin jaya, lebih berkualitas, dan semakin banyak diminati oleh mahasiswa,” katanya. (han)

Hanna Hanifah

Recent Posts

Pengusaha Hotel dan Restoran Bandung Komit Kelola Sampah Mandiri

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Sejumlah pengusaha hotel dan restoran di Kota Bandung menyatakan komitmennya untuk kelola…

3 menit ago

Memiliki Kumis Tebal, Pemain Kuwait U-17 Jadi Sorotan

WWW.PASJABAR.COM -- Netizen salah fokus dengan pemain Kuwait yang punya kumis tebal saat lawan Timnas…

4 menit ago

Pemkab Bandung Tingkatkan Pengelolaan Sampah, Kurangi Beban TPA Sarimukti

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung terus mengoptimalkan pengelolaan sampah organik dan anorganik yang…

1 jam ago

SMKN 1 Karawang, Jadi Sekolah Asia Pertama Kembangkan Think Big Space dari Amazon

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – SMKN 1 Karawang jadi sekolah di Asia pertama yang digandeng Amazon mengembangkan…

1 jam ago

600 Santri Peringatan Hari Santri di Pemkot Cimahi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Pemerintah Kota Cimahi memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2024. Peringatan Hari Santri…

2 jam ago

25 Riset akan Dijadikan Rekomendasi Kebijakan Pemdaprov Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Sebanyak 25 riset yang lolos seleksi West Java Research Summit (WJRS) 2024,…

2 jam ago