PASBANDUNG

“Panen Raya Khairina” Wakaf Salman Kenalkan Aset Produktif di Desa Cimenyan

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM–Wakaf Salman mengajak para donaturnya mengunjungi salah satu aset wakaf produktif berupa kebun dan sarana pendidikan, yakni Komplek Pendidikan Khairina di Desa Cimenyan, Kabupaten Bandung, pada Sabtu, (26/10/24).

Kebun ini tidak hanya bermanfaat sebagai sumber daya alam, tetapi juga menjadi sarana pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat sekitar.

“Masjid Salman ITB dan Wakaf Salman selalu berinovasi. Dari kunjungan ini, kemajuan aset wakaf sangat terlihat signifikan, selalu membuat saya semakin semangat untuk mendukung perjuangan Wakaf Salman,” ujar salah satu peserta panen raya, Tuty Rahaju.

Hasil Panen Hidroponik

Selama di Komplek Pendidikan Khairina, Tuty merasakan sambutan hangat dari para santri dan pengurus. Sebelum acara inti panen hasil hidroponik, peserta mendapatkan pengetahuan tentang teknik menanam sayur dan buah di lahan sempit, yang disampaikan oleh Ayah Farid, alumnus ITB dan pengelola Komplek Pendidikan Khairina.

“Konsep hidroponik adalah menanam dengan memanfaatkan lahan secukupnya, tetap bisa menghijaukan bumi,” ujar Ayah Farid.

Ia juga menambahkan bahwa hidroponik memudahkan kita mengonsumsi sayuran segar sebagai bagian dari gaya hidup sehat, karena tanaman hidroponik dapat tumbuh dengan baik di lahan yang terbatas.

Komplek Pendidikan Khairina berdiri di atas tanah wakaf seluas 2.238 m². Selain lahan hidroponik, kompleks ini juga menjalankan program pendidikan yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman untuk anak-anak, melalui kegiatan belajar, mengaji, dan beribadah.

Aset wakaf produktif ini terus berkembang untuk meningkatkan potensi pemberdayaan desa melalui pendekatan wakaf produktif. Dengan mayoritas penduduk berprofesi sebagai petani, Komplek Pendidikan Khairina yang dikelola oleh YPM Salman ITB melalui Wakaf Salman telah memberikan dampak sosial dan ekonomi yang positif bagi warga sekitar.

“Acara Panen Raya ini sangat menyenangkan bagi kami, dan menjadi luar biasa melihat desa berkembang melalui wakaf produktif berkat kerja sama dan sentuhan tangan orang-orang sholeh,” ungkap Dessy Detrisia, peserta Panen Raya lainnya.

Setelah panen, acara ditutup dengan santap siang bersama yang dihadiri donatur, tamu undangan, pengelola Komplek Pendidikan Khairina, serta warga setempat. (*/tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Sempurna! Persib Bawa 3 Poin di Kandang Persik Kediri

WWW.PASJABAR.COM -- Persib Bandung meraup hasil sempurna 3 poin saat dijamu Persik Kediri dalam lanjutan…

23 menit ago

Nova Arianto Malu dengan Laga Indonesia Vs Australia

WWW.PASJABAR.COM -- Pelatih Timnas Indonesia U-17, Nova Arianto malu saat timnya bermain "sabun" dengan Timnas…

1 jam ago

Unpas dan Komisi Yudisial Perpanjang MoU, Wujudkan Sistem Peradilan Bersih

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Universitas Pasundan (Unpas) memperpanjang nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan…

3 jam ago

Timnas U-17 Indonesia lolos Kualifikasi Piala Asia U-17 2025

WWW.PASJABAR.COM -- Timnas U-17 Indonesia lolos Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Hal ini dipastikan setelah…

3 jam ago

Wisuda Periode 2 Unjani: 2.713 Lulusan Siap Jadi Agen Perubahan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Universitas Jenderal Achmad Yani atau Unjani Kota Cimahi wisuda sebanyak 2.713 wisudawan…

4 jam ago

Hari Sumpah Pemuda ke-96, Pemkot Cimahi Tekankan Persatuan dan Peran Pemuda

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Daerah Kota Cimahi memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-96 melalui upacara yang…

5 jam ago