Cara Mahfud MD Cegah Separatisme dan Radikalisme

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMMenkopolhukam Mahfud MD mengungkap dua ancaman besar yang sedang menghadang keutuhan Indonesia saat ini. Dua ancaman itu adalah separatisme dan radikalisme.

“Ancaman terhadap keutuhan Indonesia itu ada ancaman terhadap teritori, itu separatis. Kemudian ancaman terhadap ideologi, itu radikalisme di dalam pemikiran. Dua-duanya berbahaya,” ujar Mahfud usai menghadiri Bincang Seru Mahfud di Graha Sanusi Hardjadinata Universitas Padjadjaran (unpad), Kota Bandung, Rabu (30/10/2019).

Untuk memerangi dan menghadangnya, berbagai cara harus dilakukan. Salah satunya adalah melakukan pencegahan di kalangan generasi muda. Yang dilakukan pun tak melulu dengan cara serius dan kaku. Justru sosialisasi pencegahan separatisme dan radikalisme bisa dilakukan dengan gaya santai seperti dalam acara Bincang Seru Mahfud.

“Maka saya ini mengadakan acara di sini (acara bertema tentang) Pancasila, acaranya Bincang Seru untuk memupuk kesiapan generasi muda, para mahasiswa, untuk menjiwai nilai-nilai kebersamaan sebagai bangsa dan kekokohan sebagai bangsa berdasarkana Pancasila,” jelasnya.

Dalam kegiatan itu, berbagai narasumber dihadirkan. Selain Mahfud, ada juga Rektor Unpad Rina Indiastuti, serta trio komika Arie Kriting, Cak Lontong, dan Akbar. Ada juga Yenny Wahid yang selama ini cukup dikenal sebagai aktivits.

“Kita tanamkan nilai-nilainya (Pancasila) dalam kalimat keseharian seperti yang ada sekarang disampaikan dengan lawakan seperti adanya Cak Lontong, Arie Kriting. (Sosialisasi) bisa disampaikan dengan gaya milenial seperti oleh Yenny Wahid. Terus yang akademis seperti saya dan Bu Rina. Itu untuk memberi bekal kepada anak muda,” tutur Mahfud.

Mahfud sendiri berbicara banyak hal dalam pemaparannya. Ia menegaskan pentingnya menjaga keutuhan NKRI. Ia juga menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan semua elemen bangsa Indonesia. (ors)

admin

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

10 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

11 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

12 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

13 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

13 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

13 jam ago