Mengintip Ritual Cuci Rupang Jelang Imlek

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMHari ini, Minggu (19/1/2020), belasan umat Tri Dharma di Vihara Dharma Ramsi Bandung melakukan ritual membersihkan rupang alias patung para dewa. Seperti apa proses pembersihannya?

Menurut Awa Kwan, umat di Vihara Dharma Ramsi, proses pembersihan patung tak bisa dilakukan sembarangan. Hanya mulai hari ini rupang bisa dibersihkan. Itu karena rupang tersebut sedang ‘kosong’.

“Hari ini dewa-dewa sedang pergi ke kahyangan untuk melaporkan kegiatan kita selama setahun ini. Jadi, ini bisa kita bersihin,” ujar Awa Kwan di Vihara Dharma Ramsi.

Karena para dewa pergi, maka rupang boleh diturunkan dari tempatnya untuk dibersihkan. Pembersihan rupang biasanya akan berlangsung selama dua hingga tiga hari.

Proses pembersihannya sendiri melakukan teknik khusus. Ada beberapa tahap yang dilakukan, mulai dari mencucinya dengan air bersih, air kembang, hingga air cendana.

Alat yang digunakan adalah lap dan kuas. Rupang pun akan benar-benar dibersihkan sampai sepenuhnya bersih. Itu kenapa kuas diperlukan dalam proses pembersihan tersebut.

“Ini enggak bisa selesai sehari. Karena, kalau bersihin rupang gini, dia bukan asal dibersihin, mesti pakai kuas supaya debu yang nempel di dalam bisa bersih semua. Kalau bersihin jangan tanggung, ini yang susah (memastikan rupang benar-benar bersih),” jelas Awa Kwan.

Pembersihan sendiri dilakukan para umat dan relawan. Mereka datang secara sukarela tanpa dibayar. Mereka semua berasal dari berbagai daerah di Kota Bandung.

Menurut Awa Kwan, membersihkan rupang itu adalah salah satu ritual untuk menyambut Imlek. Sehingga, saat Imlek nanti, seluruh rupang sudah bersih.

Tak hanya rupang, area vihara juga dibersihkan. Hal ini bermakna bahwa umat Tri Dharma menyambut Tahun Baru Imlek dengan segala hal yang bersih, termasuk kepribadian mereka. (ors)

admin

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

4 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

5 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

6 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

7 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

7 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

7 jam ago