Kebun Binatang Bandung Pastikan Hewan Bebas Corona dan Aman Dikunjungi

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Berkaitan dengan merebaknya kasus virus corona yang berasal dari hewan, pihak Management BAZOGA atau Kebun Binatang Bandung mengkonfirmasi bahwa areanya aman dikunjungi.

“Para pengunjung BAZOGA tidak perlu khawatir berkunjung kemari, sebab BAZOGA memiliki SOP dalam mengatasi beragam bentuk kesehatan hewan. Selama ini tim dokter di kebun binatang tersebut sudah melakukan SOP tersebut yakni dengan cara membuat pemantauan harian pada seluruh satwa,” terang Markom BAZOGA, Sulhan Syafi’I, Rabu(29/1/2020).

Sulhan menambahkan bahwa setiap hari keeper atau penjaga satwa mengecek kondisi satwa d dalam kandang dengan cara melakukan pengamatan visual terhadap tingkah laku, gerak gerik satwa yang ada di kebun binatang. Bila terjadi sesuatu yang di luar kebiasaan keeper melakukan laporan ke kurator.

“Ada laporan harian yang dibuat oleh keeper secara tertulis, ini menyangkut seluruh aspek satwa yang berada di kandang. Dalam proses pengamatan tersebut jika ada yang ganjil maka akan langsung dilaporkan kepada kurator, paramedik dan juga dokter,” jelasnya.

Adapun BAZOGA memiliki 2 dokter yang selalu standby setiap hari untk menjaga kesehatan satwa.

“Dengan hal ini tentu siapapun yang akan berkunjung ke BAZOGA tidak perlu khawatir terhadap virus Corona karena dengan SOP yang djalankan, penyakit satwa akan cepat ditemukan,” ulasnya.

Disamping itu,  hingga kini belum ada informasi warga yang tinggal di Indonesia terdeteksi terpapar virus corona.  Ditambah pengamanan dari pihak BAZOGA dimana untuk keluar masuk satwa di lembaga konservasi cukup ketat.

“Kami juga akan mendatangkan sejumlah satwa untuk Zona Afrika yng akan dibuka dalam waktu dekat. Pengiriman satwa ini juga sesuai dengan SOP baku yng sangat ketat. Ada pemeriksaan kesehatan di tempat asal satwa dan saat sampai di BAZOGA kesehatan dari satwa salalu dipantau,” pungkasnya. (*/Tan)

admin

Recent Posts

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

3 menit ago

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

41 menit ago

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

2 jam ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

4 jam ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

4 jam ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

7 jam ago