Categories: PASBANDUNG

Hindari PSBB di Bandung Warga ‘Kreatif’ Kucing-Kucingan

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMMemasuki hari ke 5 pemberlakuan status PSBB d di Bandung raya, warga makin kreatif kucing-kucingan dengan petugas.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna yang menyebutkan ada warga yang rela ada di tumpukan barang demi bisa melewati perbatasan Kota Bandung. Selain itu, juga ada pedagang non pangan yang mulai memanipulasi dagangannya.

“Jadi sebenarnya si pemilik toko ini jualan cat, tapi dia memajang ada beberapa karung beras. Sehingga dari luar seperti penjual sembako,” jelas Ema.

Ada juga yang membuka tokonya hanya satu pintu. Padahal biasanya dibuka lebih lebar. Hanya sebagai penanda bahwa dirinya tetap berjualan.

Ema mengatakan, hal itu tidak dibenarkan. Seharusnya hal itu tidak terjadi, di saat semua orang tengah berusaha menekan laju pertumbuhan covid-19.

Karenanya, Ema mengatakan Pemkot Bandung akan memperketat pemberlakuan PSBB. Termasuk jam jaga checkpoint, yang selama ini dijaga dari pukul 06.00-20.00.

“Harus diantisipasi, bagaiman jika ada yang melintas sebelum jam 06.00 atau setelah jam 20.00. itu nanti akan dievaluasi,” jelasnya.

Selain itu, standar pemberlakuan setiap checkpoint seharusnya sama. Terutama untuk para pengendara sepeda motor yang yang berboncengan.

“Mungkin ada di beberapa titik yang masih memperbolehkan, padahal kan seharusnya sudah tidak boleh, meskipun mereka satu KTP,” tegasnya.

Namun, secara umum, Ema melihat ada pergeseran kebiasaan warga Kota Bandung. Karena sekarang, pada umumnya sudah menggunakan masker saat berkendara.

“Yang masih banyak pelanggaran mungkin sekarang di penggunaan sarung tangan. Masih sekitar 20-30 % warga yang menggunakan sarung tangan saat berkendara,” terang Ema. (Put)

admin

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

43 menit ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

2 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

3 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

4 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

4 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

4 jam ago