PASPENDIDIKAN

KSR PMI Unit Unpas Aktif Pelayanan Kepalangmerahan dan Kemanusiaan

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMBerdiri pada tanggal 18 Desember 1989, KSR PMI Unit Universitas Pasundan (Unpas) pada awalnya bernama KDD Biologi (Keluarga Donor Darah) di UNPAS Tamansari, untuk kemudian berubah menjadi KDD FKIP dan akhirnya resmi berubah menjadi KSR PMI Unit Unpas hingga saat ini.

Komandan KSR PMI Unit Unpas,  Widia Ayu Rizkia menyampaikan bahwa KSR PMI Unit Unpas memiliki visi terwujudnya KSR PMI Unit Unpas menjadi organisasi kemahasiswaan yang turut aktif dalam memberikan pelayanan kepalangmerahan dan bergerak di bidang kemanusiaan, meningkatkan kualitas dan kapasitas anggota dalam berorganisasi berdasarkan Tujuh Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional dan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Kami juga memiliki misi untuk meningkatkan kapasitas anggota KSR PMI Unit Unpas dalam bidang kepalangmerahan serta menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang terorganisir,” terangnya.

Di samping itu, terang Widia KSR PMI Unit Unpas juga berupaya menjalin kerjasama yang sinergis dengan organisasi maupun instansi lain juga menumbuhkan dan meningkatkan rasa kemanusiaan dalam diri setiap anggota serta mempererat rasa kekeluargaan antar anggota KSR PMI Unit Unpas.

“Adapun agenda rutin yang dilaksanakan oleh kami adalah stand by di markas apabila ada yang membutuhkan pertolongan, kami juga biasa melakukan donor darah sukarela tiga bulan sekali dan turut berpartisipasi dalam kebencanaan,” paparnya.

Adapun anggota KSR PMI Unit Unpas seluruhnya sebanyak 331 orang, termasuk alumni,  karena sistem keanggotaan KSR PMI Unit Unpas bersifat seumur hidup.

“Karena kami bergerak di bidang kemanusiaan, prestasi terbesar kami adalah ketika kami bisa menolong orang yang membutuhkan, untuk rencana kedepannya kami ingin dapat berpartisipasi langsung ke lapangan ketika ada bencana, dan melakukan pengembangan kapasitas untuk seluruh anggota baik di bidang kepalangmerahan maupun pengorganisasian,” urainya.

Adapun kegiatan yang telah dilaksanakan oleh KSR PMI Unit Unpas yaitu LATAP XXVI (Latihan Evaluasi dan Pemantapan ke 26), Webinar Peringatan Hari HIV/Aids sedunia dan peringatan DIESNATALIS KSR PMI Unit Unpas yang ke 31.

“Saya harap di tengah pandemi ini maupun kedepannya, KSR PMI Unit Unpas dapat selalu menjadi organisasi yang aktif berkecimpung dalam bidang kemanusiaan dan dapat bermanfaat bagi sesama,” tutup Widia. (Tan)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

3 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

4 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

5 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

6 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

6 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

6 jam ago