PASNUSANTARA

Cookpad Ajarkan Masak dengan Bahan Sisa Pangan

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMSaat ini hampir diseluruh dunia bahan sisa pangan menjadi salah satu contributor dalam peningkatan jumlah sampah pangan di dunia. Dan untuk menghindari hal tersebut Cookpad kembali melakukan kampanye global #MasakSetiapBagian.

Kampanye tersebut merupakan bagian dari kegiatan Hari Pangan Sedunia yang diinisiasi Food and Agriculture Organisation (FAO) setiap 16 Oktober.

Kampanye global #MasakSetiapBagian mengajak lebih dari 100 juta orang yang memakai Cookpad setiap bulannya untuk melakukan “rescue” pada sisa bahan pangan yang biasa dibuang, mengolahnya kembali menjadi bentuk masakan yang berbeda. Selain berkontribusi mengurangi limbah makanan, #MasakSetiapBagian membantu rumah tangga untuk menghemat pengeluaran, meningkatkan asupan gizi, sekaligus mendapatkan kreasi hidangan baru yang lezat.

“Kampanye #MasakSetiapBagian tahun lalu telah menghasilkan banyak resep masakan sehari-hari yang unik, salah satunya dari pengguna Cookpad di Indonesia yang membagikan resep bakso, steak dan burger dari kulit pisang,” ujar Malou Herkes, Cookpad Global Food Editor dalam meeting zoom, Jumat (8/10/2021).

Ia menyebutkan tidak banyak yang tahu, kulit buah juga mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. Diharapkan, dengan adanya edukasi yang lebih luas mengenai #MasakSetiapBagian, bersama kita bisa bergerak menuju perilaku mengolah bahan pangan yang lebih minim limbah.

“Menurut FAO, jika limbah makanan diibaratkan sebagai sebuah negara, maka ia merupakan penyumbang emisi gas terbesar ketiga di dunia,” lanjut Malou. “Kita mungkin belum bisa bermigrasi ke gaya hidup ‘zero-waste’ dalam sekejap, tapi setidaknya melalui modifikasi sederhana dalam cara kita mengolah masakan sehari-hari, kita bisa berdampak nyata mengurangi limbah makanan.”

Dalam perhelatan Hari Pangan Sedunia tahun ini, sekaligus peluncuran kembali kampanye #MasakSetiapBagian, Cookpad Indonesia menghadirkan rangkaian acara:  Peri Dapur yakni pemberdayaan sejumlah pengguna Cookpad yang tersebar di beberapa kota Indonesia. Media Kick-off yakni diskusi bersama rekan-rekan media, menghadirkan sejumlah narasumber dari CEO Cookpad Indonesia Soegianto, Cookpad Global Food Editor Malou Herkes, dan Product Specialist di PT. Prodia Occupational Health Institute International, Brilliantika Resy Febriani untuk berbagi insight mengenai pengujian keamanan bahan pangan yang kita konsumsi. Posbar #MasakSetiapBagian yakni program berbagi resep (posting bareng) akan diadakan mulai tanggal 14 – 24 Oktober 2021 di web dan aplikasi Cookpad, serta webinar tentang #MasakSetiapBagian

“Di tahun kedua kampanye #MasakSetiapBagian ini, Cookpad Indonesia kembali hadir memberikan ruang bagi para penulis resep untuk berdampak bagi komunitasnya dan masyarakat pada umumnya melalui resep-resep masakan keluarga Indonesia yang tetap memanfaatkan bahan lokal, dan minim limbah makanan,” ujar CEO Cookpad Indonesia Soegianto. “Bersama para komunitas dari berbagai daerah di Indonesia, Cookpad Indonesia berkomitmen untuk selalu memberikan inspirasi masak sehari-hari.”

Berbagai ide, tips dan inspirasi menarik terkait #MasakSetiapBagian dari para pengguna di Indonesia bisa dilihat di Cookpad Indonesia, atau melalui IG @cookpad.conscious.cooking untuk kreasi dari pengguna Cookpad di negara-negara lain. (*/tie)

 

 

Yatti Chahyati

Recent Posts

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

13 menit ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

43 menit ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

1 jam ago

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

2 jam ago

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

3 jam ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

5 jam ago