HEADLINE

Peduli Bahasa, GEMA Pasundan Gelar Pasanggiri “Mieling Basa Indung Internasional”

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– Dalam rangka Bahasa Ibu Internasional Gerakan Mahasiswa Pasundan menggelar acara yang bertajuk “Pasanggiri Mieling Basa Indung”.

Kegiatan ini di gelar secara hybird.
Dalam rangkaian acara ini Gema Pasudan menyelenggarakan beberapa kegiatan di antaranya Talkshow kebudayaan yang telah di laksanakan pada tanggal 21 februari 2022 tepat pada hari bahasa ibu internasional.

Talkshow kebudayaan tersebut bertemakan “Mieling basa indung dina raraga ngaronjatkeun ajen inajen urang sunda.”

Turut hadir dalam kegiatan ini narasumber dari berbagai latarbelakang baik akademis, budayawan dan juga pemerhati budaya di antaranya Budi dalton, Dr Hawe setiawan dan Abah Ruskawan.

Adapun talkshow kebudayaan berlangsung secara hybrid ini dihadiri 35 peserta secara langsung dan 1000 peserta secara online.

Kegiatan ini sekaligus membuka rangkaian acara pasanggiri mieling basa indung yang dalam rangkaiannya ada 4 perlombaan di antaranya Lomba puisi berbahasa sunda, lomba pidato berbahasa sunda, lomba nyanyi pop sunda dan juga lomba penampilan seni budaya daerah.

Acara perlombaan ini di ikuti oleh pelajar sma/smk sederajat dan umum,acara ini di ikuti 203 peserta dari 120 sekolah dan dari kategori umum.

Ketua umum gerakan mahasiswa pasundan Rajo Galan S.Pd menyampaikan acara ini adalah bagian dari kepedulian pemuda pasundan kepada bahasa.

“Ini adalah bentuk kepedulian kami kepada bahasa yang telah membesarkan kami, karena bahasa sunda adalah bahasa pertama yang kami dengar pertama kali saat kami baru terlahir ke dunia ini dan bahasa sunda itu di lontarkan oleh ibu kami yang telah melahirkan kami,” ujarnya.

“Kegiatan ini kami persembahkan untuk negeri yang kami cintai karna menurut kami bahasa adalah aset nasional yang harus terus di pertahankan, bahasa adalah identitas dan jati diri bangsa, bahasa daerah ini harus terus dijaga dan dirawat oleh para pemuda,” imbuhnya.

Rajo mengatakan bahwa menurut data 2 juta orang dalam 10 tahun penutur bahasa sunda terus berkurang.

“Ini sangat miris sekali kita khawatir anak cucu kita kelak itu merasa asing mendengar bahasa daerah dalam hal ini bahasa sunda,maka dari itu gerakan mahasiswa pasundan ke depan akan konsisten terus menjaga dan merawat bahasa sunda,” ulasnya.

Ia melanjutkan bahwa sudah jelas dalam sumpah pemuda di sampaikan bahasa kita adalah bahasa Indonesia tapi tidak lupa merawat dan menjaga bahasa daerah.

“Ini yang menjadi dasar kami menggelar acara pasanggiri mieling basa indung ini,” ujarnya.

Antusias dari gen z dalam hal ini anak anak SMA/SMK sederajat se Jawa barat lanjut Rajo, sangat tinggi dan juga dari masyarakat umum juga sangat tinggi.

“Tapi kami menyayangkan pemerintah di Jawa Barat ini sangat kurang sekali dalam membantu atau berkolaborasi dalam kegiatan ini padahal acara ini adalah momentum untuk kita menjaga dan merawat budaya kita,” tuturnya.

“Di luar dari itu kami pemuda dan mahasiswa pasundan tidak akan patah semangat untuk terus menjaga serta merawat budaya serta bahasa sunda,” ungkapnya.

Ke depan, terang Rajo, GEMA Pasundan akan membuat sebuah kampung adat di tengah tengah masyarakat perkotaan agar budaya atau adat istiadat tidak identik dengan masyarakat pedesaan.

“Hal ini akan menjadi agenda terdekat kita ke depan untuk terus berupaya menjaga dan merawat budaya,adat istiadat serta bahasa yang kita sangat cintai yaitu bahasa sunda,” pungkasnya. (tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

8 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

9 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

10 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

11 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

11 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

11 jam ago