PASPENDIDIKAN

Begini Cara Menangkal Berita Hoaks

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Perwakilan American Corner ITB, Laura Stone menegaskan untuk menghindari berita hoaks atau bohong, yang kini penyebarannya semakin masif melalui metode ESCAPE. E merupakan singkatan dari Evidence (bukti), S untuk Source (Sumber), C untuk Context (Konteks), A untuk Audience (Audiens), P untuk Purpose (Tujuan), dan E untuk Execution (Eksekusi).

“Pertama, kita harus mencari kebenaran atau bukti (Evidence) dari tulisan yang kita baca. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mencari apa yang disampaikan berita tersebut lagi di Internet melalui laman lain yang lebih kredibel. Kedua, kita harus mengetahui sumber dari berita ini. Hal ini dapat dilakukan dengan menanyakan orang yang menyebarkan berita ini kepada kita. Selanjutnya, kita juga harus mengetahui konteks dari berita yang kita baca. Terkadang, judul dari sebuah tulisan dapat menjadi bias karena mengandung clickbait. Maka dari itu, membaca berita dengan lengkap untuk memahami konteks dari berita tersebut,” ucapnya seperti dikutip PASJABAR dari laman itb, Jumat (18/3/2022).

Lebih lanjut, ia menjelaskan pembaca dapat mengetahui siapa audiens yang dituju oleh sang penulis. Selain itu,  juga harus mengetahui tujuan dari berita tersebut untuk mengetahui kebenaran berita tersebut. Terkadang berita yang berisi tujuan untuk melakukan provokasi dapat berpotensi menjadi berita hoaks. Terakhir, terkait eksekusi. Eksekusi memiliki makna cara penulisan dan pembuatan berita yang ditampilkan. Kualitas tulisan, kerapihan tata bahasa, dan gambar yang tertera pada berita yang kurang baik dapat mengindikasikan bahwa berita tersebut adalah hoaks.

Untuk menerapkan berbagai prinsip tersebut, Laura juga berbagi beberapa langkah ini untuk menangkal berita hoaks.

“Pertama, jangan hanya membaca judul dari berita. Membaca berita secara keseluruhan membantu kita untuk mengetahui isi dan konteks berita dengan jelas. Kemudian, bacalah berita dari sumber yang terpercaya. Terakhir, kita dapat menggunakan laman factcheck.org dan hoaxy untuk memeriksa kebenaran berita,” tutupnya. (*/ytn)

Yatni Setianingsih

Recent Posts

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

1 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

2 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

3 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

3 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

3 jam ago

Jeni Cindianti, Gadis dengan Segudang Cita-cita

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Jeni Cindianti, yang akrab dipanggil Jeni, adalah sosok gadis yang penuh dengan semangat…

3 jam ago