HEADLINE

Telkom dan Syaamil Siap Kembangkan Produk dan Konten Buku Digital

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Sygma Examedia Arkanleema (Syaamil) menjalin kolaborasi dalam upaya pemanfaatan digitalisasi yang lebih maksimal.

Adapun nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan di Executive Meeting Room Hotel Crowne Plaza Bandung, Jumat (10/6/2022).

Deputy EVP Digital Technology & Platform Business-Divisi Digital Business & Technology PT. TeIkom Indonesia, Tbk,  Ery Punta Hendraswara menyampaikan bahwa kerjasama ini dilakukan untuk mengeksplorasi pengembangan produk dan konten pada layanan Augmented Reality (AR) dan Metaverse, serta memaksimalkan pemanfaatannya.

“Kerjasama ini  bertujuan untuk mendasari eksplorasi serta proof of concept piloting dari AR dan Metaverse, sebagai media untuk pengembangan produk dan konten-konten buku digital,” tuturnya.

Sebagai perusahaan berplat merah yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi dan informasi (TK), sambungnya, Telkom tentu tidak mau tertinggal dalam pengembangan teknologi AR dan Metaverse.

“Melalui divisi Digital Business and Technology dengan payung Leap-Telkom Digital, Telkom tengah mengembangkan teknologi AR dan Metaverse yang bisa dijadikan sarana untuk kebutuhan penyebaran informasi dan penjualan produk,” ungkapnya.

Hingga saat ini, ujar Ery, tidak sedikit negara-negara di dunia yang terus mengembangkan AR dan Metaverse, termasuk di Indonesia.

Seiring perjalanannya di era digital, AR dan Metaverse digadang sebagai teknologi mutakhir yang penyebarannya akan semakin massif di masa mendatang.

“Agar para kreator dan masyarakat di tanah air bisa menikmati pengalaman ekonomi digital baru, Telkom turut membangun Telkom Metaverse Ecosystem, seiring dengan perkembangan industri digital di indonesia yang tumbuh sangat cepat,” imbuhnya.

Kehadiran Telkom Metaverse Ecosystem terangnya diharapkan dapat berkontribusi untuk memastikan nilai-nilai dari teknologi digital, sehingga bisa memberikan manfaat ke banyak pihak terutama mereka yang bergerak di industri kreatif seperti musik, desain, gim, dan bain sebagainya.

Adapun Chief Executive Officer Syaamil, Arifin Purnomo menyampaikan bahwa Syaamil merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang creative content development yang meliputi konten-kanten Al-Quran dan buku-buku keislaman.

“Nantinya, berkat penggunaan teknologi AR dan Metaverse yang disediakan oleh Telkom, Syaamil bisa semakin mengeksplorasi kreasinya dan memaksimalkan potensi penjualannya,” ucapnya.

Kerja sama antara Telkom dan Syaamil sambung Indra di antaranya meliputi Costumer Experience Exploration berupa validasi penggunaan AR dan Metaverse.

“Ke dua platform ini juga akan dimanfaatkan untuk menyediakan konten dan pengembangan use case buku digital seperti Al Qur’an dan buku-buku agama, serta program edukasi keluarga dan kegiatan keagamaan Islam yang dilakukan secara virtual,” tambahnya.

Adapun Leap-Telkom Digital merupakan umbrella brand produk dan layanan digital Telkom termasuk AR dan Metaverse, untuk mendongkrak kemapanan digitalisasi masyarakat Indonesia.

“Dengan adanya Leap, diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital di tanah air demi mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital nasional, sejalan dengan target pemerintah dalam beberapa tahun mendatang,” pungkasnya.

Adapun informasi lebih lanjut, dapat mengakses https://leap.digitalbisa.id/.

Dalam kegiatan ini turut hadir Riza Zacharias (Chairman Syaamil) Group, Indra Laksana (CEO Sygma Group Holding), Muhammad Emiriza (CEO Visitama Group) , Ferry Permadi (CEO Sygma Media Inovasi), M. Kh. Rachman Ridhatullah (Direktur RnD Syaamil). (tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

13 menit ago

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

1 jam ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

3 jam ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

3 jam ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

7 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

13 jam ago