HEADLINE

Early Mahasiswi FT Unpas “Impikan dan Wujudkan!”

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM– “Impikan dan wujudkan” begitu terang Earlyannisa Amalia, Mahasiswi Universitas Pasundan, Fakultas Teknik Jurusan Teknologi Pangan Semester V saat ditanya motto hidupnya.

Gadis yang akrab disapa Early ini juga mengatakan bahwa bermimpi adalah hal pertama yang perlu dilakukan untuk menggapai sebuah cita-cita atau tujuan.

“Dari sebuah mimpi saya bersemangat untuk mewujudkannya, bagi saya, jangan pernah takut bermimpi, melangkahlah, apapun hasilnya nanti itu adalah hasil dari usaha terbaik yang pernah saya usahakan,” tutur gadis cantik kelahiran Kabupaten Sumedang, 7 Februari 2002.

Soal hobi, Early bercerita bahwa ia senang berorganisasi. Maka tidak salah jika ia tercatat sebagai Panitia Syukuran Angkatan 2020 dengan menjadi staf divisi acara bertanggungjawab sebagai koordinator lapangan,  kepanitiaan PKKMB 2021 dan 2022. Kemudian menjadi staf divisi Pendamping Mahasiswa (PDM).

Tidak hanya itu ia juga aktif dalam Himpunan Mahasiswa Teknologi Pangan Universitas Pasundan Periode 2020-2021 kabinet EksplorAksi pada Departemen Ilmu dan Keprofesian bahkan menjadi salah satu staf terbaik di sana.

Di luar kampus, ia juga mengikuti kegiatan SUKMA (Sekolah Keterampilan Masyarakat) yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta.

“Bagi saya mengikuti kegiatan keorganisasian atau kepanitiaan ini sangatlah menyenangkan, banyak ilmu yang didapatkan. Seperti bagaimana caranya bekerjasama yang baik sesama anggota agar tercapainya goals yang diinginkan, kita belajar memimpin diri sendiri maupun orang lain, dan belajar hard skill maupun soft skill, seperti public speaking, retorika, cara menyelesaikan masalah, cara menumbuhkan percaya diri dan lain-lain,” terangnya yang saat ini juga menjadi asisten laboratorium Biologi di SMAN 1 Pasawahan.

Finalis Duta Kampus Universitas Pasundan Angkatan ke 4 ini juga bercerita bahwa ia bercita-cita menjadi seorang HRD di suatu perusahaan.

“Menurut saya, seorang HRD yang memiliki tanggungjawab mengelola karyawan agar mencapai SDM yang berkompeten, menjadi seorang HRD juga selaras dengan Hobi saya yaitu dalam kegiatan ber-organisasi,” ungkapnya kepada PASJABAR, Selasa (9/8/2022).

Selain menjadi HRD, Early juga memiliki cita-cita menjadi seorang pengusaha muda yang sukses, karena selain ia dapat mengatur sistem perusahaan yang ia inginkan, ia juga berharap bisa membuka lapangan kerja yang luas, dan membantu menuntaskan masalah pengangguran.

Untuk tokoh idola, pemfavorit warna cokelat dan penyuka sate dan rujak ini mengatakan bahwa ia mengidolakan Maudy Ayunda dan Najwa Shihab.

“Mereka adalah perempuan-perempuan bertalenta, cerdas, dan berani berinovasi di zaman modern ini, bagi saya kedua tokoh perempuan ini selalu mengispirasi saya setiap waktu did dalam meraih mimpi, kegigihan dan kecerdasan yang keren ini selalu menumbuhkan semangat baru bagi saya untuk menjalani hari,” urainya.

“Ada pesan dari seorang Maudy Ayunda yaitu “Nikmatilah prosesnya bukan hasilnya, karena itu semua yang akan mengubah dirimu menjadi lebih baik” dan dari Najwa Shihab yaitu “Tiap orang punya mimpi, tapi tak semua bisa bangkitkan semangat tinggi,” imbuhnya.

Di samping itu ia juga mengaku banyak terinspirasi dari orang terdekatnya, yaitu orangtua, adik-adik, keluarga, dan teman-teman.

“Mereka selalu mensupport dan mendoakan saya dalam proses saya mengejar mimpi, ibu saya selalu berkata “Semakin berisi, semakin merunduk, dan tetap harus membumi.” Kejarlah mimpi setinggi-tingginya tetapi tetap harus selalu rendah hati,” terangnya yang juga akrab disapa Nisa.

Bagi Early hidup adalah sebuah amanah yang diberikan dari Tuhan untuknya, hidup adalah suatu perjuangan untuk selalu menebarkan kebaikan, kebahagiaan, dan kedamaian.

“Adapun hal yang selalu membuat saya semangat menjalani hidup ini adalah diri saya sendiri, Ibu, ayah, dan adik-adik saya. Saya merasa bersyukur karena kita selalu saling menyemangati satu sama lain baik senang maupun susah. Bagi kami keluarga adalah satu hal yang utuh dan saling melengkapi,” terang sulung dari tiga bersaudara.

Pemilik tinggi 161 CM ini juga berharap ke depan dapat mewujudkan masa depan yang ia impikan, di mana ia berharap suatu saat nanti bisa mengajak kedua orangtua, adik-adik dan keluarganya untuk pergi ketempat-tempat yang mereka inginkan dan menyenangkan.

“Saya juga memiliki harapan untuk selalu menebar kebaikan dan memberi manfaat dilingkungan sekitar saya,” ucapnya.

Terakhir Early juga menyampaikan kepada generasi muda untuk selalu bersemangat dan tidak perlu minder dengan prestasi-prestasi teman-teman yang lain.

“Selalu ingat “Tidak semua bunga mekar dalam waktu yang bersamaan.” Cobalah hal-hal positif yang belum pernah kamu coba untuk selalu meng-upgrade diri kamu menjadi pribadi yang lebih baik, semangat!” Pungkasnya. (tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

Ternyata Makassar hingga Sumedang Tercatat Paling Panas di Asia Tenggara!

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Analisis terbaru dari Climate Central mengungkapkan bahwa empat kota di Indonesia, yaitu…

34 menit ago

Pj Gubernur Jabar: Edukasi Bencana Harus Gencar, Siapkan Peralatan Darurat Lebih Baik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, mengungkapkan bahwa penanganan korban…

2 jam ago

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

13 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

14 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

15 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

16 jam ago