PASBANDUNG

Kabupaten Bandung Gelar Bedas Coffee Festival

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Badung menggelar Bedas Coffee Festival di Dome Balerame Kabupaten Bandung, Rabu (24/8/2022). Dalam kegiatan ini Pemkab Bandung menggandeng berbagai komunitas.

Kegiatan ini diharapkan mampu mengangkat Kabupaten Bandung sebagai tempatnya kopi yang dapat mengangkat nama daerah bahkan Indonesia.

“Moment ini diharapkan bisa dijadikan ajang kolaborasi untuk semua unsur stakeholder dalam memajukan Kabupaten Bandung dari berbagai sektor,” kata Bupati Bandung, Dadang Supriatna pada saat monitoring kegiatan Bedas Coffee Festival.

“Juga menjadi wahana yang menjadikan Kabupaten Bandung sebagai icon surganya kopi Jawa Barat,” sambungnya.

Pengembangan Kopi di Jawa Barat

Pengembangan kopi di Jawa Barat tidak terlepas dari peran Kabupaten Bandung sebagai produsen kopi. Pasalnya, sebagian besar lahan kopi di Jawa Barat terutama di kabupaten Bandung itu lebih dari 50 persen dari total luas perkebunan kopi arabika yang ada di Jawa Barat.

Luas lahan kopi di Kabupaten Bandung mencapai 13.378,18 hektar yang tersebar di 26 kecamatan dengan jumlah hasil produksi olahan mencapai 7.680,37 ton per tahun yang dikelola oleh 26 kelompok tani,” jelas sambutan Bupati Bandung yang dibacakan oleh Sekda kabupaten Bandung H. Cakra Amiyana.

Di dalam sambutannya, Bupati pun merasa bangga dan bersyukur karena tahun ini mulai dibangun Centre of Excellence yaitu pusat bisnis dan edukasi kopi Indonesia di Kecamatan Solokan jeruk, sebagai pilot project korporasi petani Indonesia. Tentu akan menjadi kebanggaan kabupaten Bandung yang rencananya  akan diresmikan oleh presiden RI tahun depan.

“Mudah-mudahan masyarakat bisa memanfaatkan acara ini, bukan hanya menikmati Bedas Coffee Festival tapi juga untuk mendapatkan pekerjaan,” harap Bupati Bandung.

Sementara itu Ketua penyelenggara kegiatan, Kepala Disbudpar Kabupaten Bandung, menyatakan bahwa Di acara Bedas Coffee Festival ini digelar juga Job Fair dengan melibatkan 10 Perusahaan yang membuka lowongan kerja Untuk 500 lowongan pekerjaan.

Selain itu, ada Latte art competition yang diikuti 100 peserta uji audisi secara online dan tinggal 24 finalis, kompetisi extra kurikuler dari 100 sekolah yang berhasil lolos seleksi sebanyak 15 sekolah.

Alhamdulillah, acara yang digelar merupakan perwujudan dari konsep pentahelix antara disbudpar, distan, Disnaker, Bapelitbangda, Gekraf Kabupaten Bandung, komunitas dan media,” ungkap Kepala Disbudpar Kabupaten Bandung. (fal)

Nurrani Rusmana

Recent Posts

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

3 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

9 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

11 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

11 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

12 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

12 jam ago