PASNUSANTARA

Santri Miliki Kontribusi Kembangkan Potensi Wisata

ADVERTISEMENT

BONDOWOSO, WWW.PASJABAR.COM– Para santri terus didorong untuk menjadi pemimpin masa depan kembangkan potensi wisata di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Hal ini disampaikan oleh Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno di Pondok Pesantren Manbaul Ulum, Bondowoso Jawa Timur, Minggu (15/1/2023).

Ia mengatakan, Bondowoso memiliki potensi wisata yang luar biasa lantaran hampir sebagian wilayahnya dikelilingi pegunungan.

“Tahun ini Ijen didaftarkan ke Unesco Global Geopark (UGG) pengumumannya kita tunggu di bulan Maret 2023. Kita harapkan setelah ditetapkan oleh UGG akan meningkatkan jumlah wisatawan,” ujarnya dalam rilis yang diterima PASJABAR, Senin (16/1/2023).

Kemudian, ada juga Desa Wisata Tirta Agung yang masuk dalam 50 Besar ADWI 2022 lalu. Kemudian ada Batu So’on Bondowoso di Solor hingga Air Terjun Niagara Mini.

“Tidak hanya wisata, Bondowoso juga memiliki komoditas kopi yang luar biasa enak. Dan ada beberapa produk fesyen dan kuliner yang bisa jadi unggulan,” ujarnya.

Banyaknya potensi wisata di Bondowoso tentu memerlukan SDM andal, yang mampu memimpin dan mengembangkan daerahnya sendiri.

“Di pesantren ini terdapat lebih dari 2.000 santri, Saya yakin para santri can be a good leader. Kemarin saya diundang BBC, ada pertanyaan yang disampaikan, mampukah islamic boarding school menciptakan pemimpin ke depan. Saya jawab mampu, bahkan bisa menciptakan pimpinan dan presiden Indonesia pernah dipimpin oleh seorang santri,” katanya.

Tidak sebatas itu, lanjut Menparekraf Sandiaga, Proklamator Kemerdekaan Bung Karno juga pernah menjadi seorang santri. Ia menimba ilmu agama dari Minang sampai Cianjur.

“Kita bangga pernah memiliki presiden yang hadir untuk para santri, yaitu Gus Dur. Bermimpilah setinggi langit Insyaallah kalian bisa menggapai bintang-bintang di langit,” pungkasnya. (*/tiwi)

Tiwi Kasavela

Recent Posts

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

5 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

7 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

8 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

8 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

8 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

9 jam ago