PASBANDUNG

Prodi Ilkom Unpas Resmikan Lab Fotografi Dan Film

ADVERTISEMENT

andung, WWW.PASJABAR.COM – Fasilitas pembelajaran di prodi Ilmu Komunikasi, FISIP Universitas Pasundan kini semakin lengkap dengan hadirnya laboratorium Fotografi dan Film yang diresmikan langsung oleh Rektor Unpas Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU., Rabu (25/1/2023).

Selain desain ruangan yang kekinian, Lab Fotografi dan Film juga dilengkapi sarana pendukung seperti perangkat komputer untuk editing, peralatan fotografi dengan spesifikasi yang mumpuni, dan lain-lain

Lab Fotografi dan Film akan dimanfaatkan untuk menghasilkan karya-karya kreatif, bahkan dijadikan unit bisnis baru yang dapat dikolaborasikan dengan prodi-prodi di Unpas.

“Fotografi dan film masuk ke dalam sektor ekonomi kreatif. Untuk menjawab kebutuhan dunia usaha, prodi Ilkom Unpas harus memaksimalkan lab-lab yang ada dan bekerja sama dengan prodi lain yang beririsan, seperti DKV, Fotografi, Teknik Informatika, dan lain-lain,” kata Rektor.

Dengan bertambahnya fasilitas pembelajaran, kata Rektor, dapat memberikan kompetensi tambahan bagi mahasiswa agar lebih siap bersaing, khususnya di dunia multimedia.

Buka Peluang Bisnis

Kaprodi Ilkom Unpas Dr. H. Rasman Sonjaya, S.Sos., M.I.Kom. menuturkan, dalam tiga tahun terakhir, Ilkom Unpas memang tengah fokus membuat lab baru dan merevitalisasi lab lama.

Menurutnya, lab di lingkungan Ilkom Unpas sudah cukup baik secara performa dan sekarang hanya tinggal fokus pada pemanfaatan lab agar lebih produktif.

“Ke depan, lab bukan hanya menjadi pendukung pembelajaran, tapi juga unit bisnis yang bisa ditawarkan kepada dunia usaha. Sekaligus membuktikan bahwa kita punya potensi untuk mengakomodasi kepentingan dunia usaha,” jelasnya.

Lab yang dibangun juga disesuaikan dengan kurikulum karena ada beberapa mata kuliah yang kemampuan praktisnya mesti didukung lewat kegiatan di lab.

“Total kita sudah punya 6 lab, yaitu lab Radio, Televisi, Digital Marketing, Multimedia, Public Speaking, serta Fotografi dan Film. Lab-lab tersebut berperan mendorong Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL),” sambungnya.

Melalui lab Fotografi dan Film, mahasiswa bisa membuat film pendek, karya foto, dan produk kreatif lainnya. Belum lama ini, mahasiswa Ilkom Unpas juga ditugaskan membuat film pendek dan ditayangkan di aula.

“Hasilnya cukup memuaskan. Saya yakin, ke depannya bisa dikolaborasikan dengan industri film dan karya-karyanya bisa dijual ke masyarakat,” tuturnya.

Jadi Trademark

Sementara itu, Dekan FISIP Unpas Dr. M. Budiana, M.Si. mengatakan, Ilkom Unpas selalu berpikir untuk menghadirkan inovasi baru dengan melihat tren saat ini.

Outputnya, banyak alumni Ilkom Unpas yang berkiprah di industri kreatif dan jurnalistik, bahkan tidak sedikit yang mendapat penghargaan atas karya kreatifnya.

“Mudah-mudahan, lab Fotografi dan Film jadi trademark prodi Ilkom Unpas lewat karya kreatif yang dihasilkan,” tandasnya. (*/Nis)

Nissa Ratna

Recent Posts

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

6 menit ago

Pestapora 2024: Pertamina Fastron Hadirkan Edukasi Otomotif di Tengah Festival Musik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pertamina Fastron siap memeriahkan festival musik Pestapora 2024, yang akan diadakan di…

45 menit ago

Harga Pangan Naik: Cabai Rawit Merah Sentuh Rp46.000 per Kg

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan pada Jumat (20/9/2024) pagi. Dilansir dari…

2 jam ago

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

4 jam ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

4 jam ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

7 jam ago