PASBANDUNG

KSPI Jabar Kepung Gedung Sate Tuntuk Kenaikan Upah 12 Persen

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Ribuan buruh dari berbagai daerah tumpah ruah memadati Jalan Diponegoro, Kota Bandung. Buruh yang berasal dari Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Jawa Barat (KSPI Jabar) ini melakukan aksi demonstrasi di depan Gedung Sate pada Senin (20/11/2023).

Massa aksi membawa sejumlah tuntutan. Salah satu tuntutan yang paling disoroti yaitu penolakan penetapan Upah Minimum baik UMP maupun UMK berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 51 Tahun 2023 tentang pengupahan.

Selain menolak penetapan upah sesuai PP tersebut, massa buruh di Jabar juga menuntut Penjabat Gubernur Bey Machmudin untuk menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang upah pekerja di atas satu tahun yang sebelumnya sudah dua tahun diterbitkan di era Ridwan Kamil.

Disamping itu, pemerintah telah menetapkan besaran upah dan tunjangan bagi ASN dan pensiunan. Yakni sebesar 8 persen dan 12 persen. “Oleh karena itu, kami mendesak kenaikan UMP dan UMK 2024 di Jabar sebesar 12 persen,” kata Ketua KSPI Jabar, Roy Jinto.

Massa aksi mengancam, jika tuntutan tersebut tidak dipenuhi, maka ribuan buruh di Jabar akan melakukan aksi mogok kerja dan kembali menggeruduk Gedung Sate. Aksi mogok kerja itu rencananya akan dilakukan pada 29-30 November mendatang. (uby)

Uby

Recent Posts

Operasikan Dapur Umum untuk Pengungsi Gempa, 7.000 Paket Makanan di Siapkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kabupaten Bandung mulai mengoperasikan dapur umum untuk mendukung kebutuhan logistik bagi…

22 menit ago

Tiga Kali Beruntun! Jawa Barat Kunci Gelar Juara Umum di PON 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Kontingen Jawa Barat dipastikan berhasil mengunci gelar juara umum pada Pekan Olahraga…

45 menit ago

Bocah 4 Tahun Tertimpa Reruntuhan karena Gempa, Kang DS Sampaikan Duka

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bupati Bandung Dadang Supriatna menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Fauzan,…

1 jam ago

BNPB Ajak Warga Tingkatkan Kesiapsiagaan Menghadapi Ancaman Gempa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Masyarakat yang terkena dampak gempa M4,9 diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi…

2 jam ago

Guru Besar Hanya Nama (GBHN)

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam…

2 jam ago

Pelantikan Pj Wali Kota Bandung: A Koswara Siap Lanjutkan Program Kerja

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, telah melantik A Koswara…

3 jam ago