TOKOH

Syifa Nur Aliya Juara 2 Pasanggiri Jaipongan Tingkat Kabupaten Bandung

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Bibit-bibit anak sekolah dasar yang mencintai seni budaya Sunda sangat perlu untuk melestarikan kebudayaan Sunda sehingga tidak punah ditelan jaman.

Sejak masih TK, Syifa Nur Aliya sudah belajar menari jaipongan di sanggar Odory Desa Sarimahi Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung yang dilatih oleh kang Ujang.

Ia sangat senang melihat teteh-teteh jago jaipongan di youtube, dvd, hajatan dan lomba-lomba di mall sering ia tonton.

Syifa kini sudah lulus kelas 4, sekolahnya di SDN 6 Ciparay. Diantar oleh ibunya naik motor serta keinginanannya sendiri ia sengaja ikut latihan tari jaipongan di sanggar.

Beberapa lomba tari jaipongan sengaja ia ikuti dan mendaftar walaupun belum mendapat juara sampai mendapat juara 2 tingkat Kabupaten Bandung dalam rangka Hari Lahir Kabupaten Bandung Tahun 2024 yang diselenggarakan di Transmart Buahbatu bekerjasama dengan Dinas  Kebudayaan & Pariwisata Kabupaten Bandung.

Koleksi piala dan sertifikat lomba tari jaipongan ia kumpulkan, mulai Tahun 2021 ikut jadi peserta Pasanggiri Jaipongan Family Festival Transmart Buahbatu, Pasanggiri Jaipongan Transmart Kiaracondong.

Di Tahun 2022 Syifa ikut Pasanggiri Jaipongan Binokrasi. Tahun 2023 ikut Pasanggiri Jaipongan Festival Coklat, Pasanggiri Jaipongan Transmart Buahbatu Menari.

Syifa Nur Aliya raih Juara 2 Pasanggiri Jaipongan Tingkat Kabupaten Bandung. Ini merupakan salah satu contoh bibit-bibit pemuda yang lestarikan seni Sunda. (foto: jbe/pasjabar)

Di Tahun 2024 ia mulai Juara Harapan 2 Pasanggiri Jaipong Kurusetra Production,  Pasanggiri Jaipongan Tingkat Kabupaten Bandung yang diadakan di kecamatan Ciparay, Pasanggiri Jaipong Ngalaga Series I, dan minggu lalu Juara 2 Pasanggiri Jaipongan Tingkat Kabupaten Bandung.

Tarian Jaipongan yang dikuasai yaitu Senggot, Aduh Manis, Daun Pulus Keser Bojong, Kalakay Murag, Bentang-Bentang, Bentang Bandung.

Sejak 2022 syifa telah bergabung dengan Sanggar Wiwitan di Jongor Ciparay Kabupaten Bandung. Jumlah yang ikut les di sanggar Wiwitan dari 2 orang sekarang sudah 30 orang yang ikut latihan.

Latihan reguler setiap Hari Sabtu-Minggu jam 14.00 Wib -17.00 Wib. Kalau mau ada lomba latihan efektif mulai jam 18.00 Wib – 20.00 Wib sampai anak-anak bisa.

Pengalaman yang berharga mulai acara agustusan di tingkat RW atau Desa, perpisahan sekolah, hajatan, lomba tari jaipongan tingkat Kecamatan Ciparay dan Kabupaten sengaja ia ikuti.

Sehingga kedepannya ia tidak canggung lagi saat menari dipanggung besar dan semoga bisa juara tingkat Provinsi Jawa Barat dan Nasional.

“Kalau juara 1 tingkat Propinsi Jawa Barat syifa mau beli HP, Laptop dan uang pembinaannya ditabung,” kata Syifa.

Di sanggar Wiwitan yang dilatih oleh teh Putri dan teh Rachel biaya pendaftarannya Rp 100.000 dan setiap latihan Rp 15.000 kalau mau lomba daftar biasanya Rp 175.000 kemudian sewa kostum dan makeup Rp 150.000.

Kini walaupun liburan sekolah syifa bersama teman-temannya terus berlatih karena akan ada lomba tari jaipongan Rampak 6 orang bertanding di Yayasan Pusat Kebudayaan Bandung dengan tarian jaipong Darma Gantung.

“Syifa sangat seneng, suka,   resep pisan pokona mah karena bisa menghibur ikut tari jaipongan. Kalau latihan tidak mengganggu belajar alhamdulilah masuk rangking 10 besar di sekolah “, kata syifa.

Lomba biasanya Hari Sabtu atau Minggu, kalau jam sekolah harus lomba wajib minta izin dulu ke walikelasnya.

Ia pun pernah juga menari di Dome Balerame Sabilulungan Kabupaten Bandung dengan teman-temannya.

Semoga tari Jaipongan dan seni budaya Sunda tetap digemari sampai kapanpun. Seni Sunda, Seni Urang Sarerea kudu diraksa diriksa ku balarea. (*jbe)

Jhon Be

Recent Posts

Dedi Mulyadi Tekankan Pentingnya Keadilan dalam Dialog Kebhinekaan di Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Dedi Mulyadi, menghadiri acara Dialog Kebhinekaan di…

38 menit ago

RSUD dan Dinsos Bandung Gelar Khitanan Massal untuk 60 Anak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung bersama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

42 menit ago

Keseimbangan Hubungan Antarmanusia

Oleh: Prof. Dr. H. Ali Anwar, M.Si (Ketua Bidang Agama Paguyuban Pasundan) BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Ajaran…

4 jam ago

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

11 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

12 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

13 jam ago