PASBANDUNG

Hari Bhakti Adhyaksa ke-64: Kota Bandung Adakan Sidang Perwalian Anak Terbuka

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-64 tahun, Kota Bandung menjadi pelopor dalam pelaksanaan sidang perwalian anak di bawah umur secara terbuka.

Acara dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ini diselenggarakan oleh Kantor Pengacara Negara Kejaksaan Negeri Kota Bandung bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bandung dan Pengadilan Agama Kota Bandung di Pendopo, Kota Bandung.

Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono menyatakan, pelaksanaan sidang perwalian anak ini merupakan sebuah pilot project pertama di Indonesia.

“Kami merasa terhormat bahwa sidang perwalian anak ini berlokasi di Kota Bandung. Ini memberikan kepastian hukum bagi anak-anak,” ujar Bambang.

Sedangkan Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Katarina Endang Sarwestri menyampaikan, kegiatan ini adalah wujud komitmen terhadap tanggung jawab sosial untuk menegakkan hukum perdata terkait dengan perwalian anak.

Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-64 tahun, Kota Bandung menjadi pelopor dalam pelaksanaan sidang perwalian anak di bawah umur secara terbuka. (foto: rif/pasjabar)

“Sidang perwalian anak ini adalah salah satu tugas dan fungsi kejaksaan di bidang keperdataan, yang bertujuan untuk melindungi anak-anak yang orang tuanya tidak ada atau yang tinggal di panti asuhan,” ucapnya.

Selain sidang perwalian, acara ini juga menjadi momentum untuk meluncurkan aplikasi “Siwali”, yang akan memudahkan proses perwalian anak di bawah umur.

“Aplikasi ini diharapkan dapat menjembatani permasalahan perwalian anak dan memberikan kepastian hukum yang lebih baik,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan sidang perwalian anak di bawah umur digelar secara terbuka ini, diharapkan dapat menjadi contoh bagi kota-kota lain di Indonesia dalam upaya memberikan kepastian hukum dan perlindungan bagi anak-anak yang membutuhkan.

“Sidang perwalian anak di bawah umur secara terbuka ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi kota-kota lain di Indonesia dalam upaya memberikan kepastian hukum, pungkasnya.

Acara ini ditutup dengan penyerahan sembako secara simbolis kepada anak-anak yang membutuhkan. (rif)

Budi Arif

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

2 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

3 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

4 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

5 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

5 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

5 jam ago