HEADLINE

Penemu Titimangsa Hari Jadi Kota Bandung Tutup Usia

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Guru besar di Universitas Padjadjaran dan sejarawan senior penemu titimangsa Hari Jadi Kota Bandung yang dihormati, Prof. Dr. A. Sobana Hardjasaputra, MA, meninggal dunia, Kamis (29/8/2024).

“Pimpinan dan segenap keluarga besar FIB Unpad berduka cita atas meninggalnya Prof. Dr. A. Sobana Hardjasaputra, M.A., dosen purnabakti Prodi Sejarah. Semoga Almarhum diampuni segala kesalahan, dirahmati Allah SWT, dan dijadikan ahli surga. Aamiin,” tulis keterangan dalam unggahan media sosial Instagram Fakultas Ilmu Budaya Unpad.

Lahir pada 4 September 1944, Prof. Sobana dikenal sebagai seorang intelektual Sunda yang berpengaruh dalam kajian sejarah daerah dan budaya sosial.

Beliau adalah guru besar Fakultas Sastra dan pengelola Pusat Penelitian Kesejarahan dan Kebudayaan di Universitas Padjadjaran serta Universitas Galuh.

Salah satu pencapaian penting Prof. Sobana adalah penemuan tanggal Hari Jadi Kota Bandung, yang sebelumnya diperingati setiap 1 April, namun berdasarkan penelitiannya, titimangsa tersebut diubah menjadi 25 September 1810, merujuk pada keputusan Gubernur Jenderal Daendels tentang pemindahan ibu kota Kabupaten Bandung.

Dalam perjalanan akademiknya, Prof. Sobana meraih berbagai gelar dari universitas ternama, termasuk Sarjana Sejarah dari Unpad, Master Sejarah dari UGM dan Monash University Australia, serta Doktor Sejarah dari Monash University dan UI.

Ia juga aktif dalam penelitian sejarah di dalam dan luar negeri, dan menghasilkan berbagai karya monumental tentang sejarah Sunda dan wilayah Jawa Barat.

Beberapa karya utama beliau antara lain Bupati di Priangan dan Kajian Lainnya Mengenai Budaya Sunda, Sejarah Kota-kota Lama di Jawa Barat, Pemerintahan Daerah Jawa Barat Masa Revolusi Fisik, serta berbagai buku sejarah lainnya yang menjadi rujukan penting dalam studi sejarah Indonesia. (han)

Hanna Hanifah

Recent Posts

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

4 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

5 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

6 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

6 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

7 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

7 jam ago