HEADLINE

Sidang Doktor Ilmu Hukum Unpas Ihsanul Maarif, Fokus pada Penyelesaian Kerugian Negara

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Ihsanul Maarif meraih gelar Doktor Ilmu Hukum di Pascasarjana Universitas Pasundan atau Unpas setelah menjalani sidang promosi pada Senin siang (7/10/2024).

Sidang ini dilaksanakan di Aula Mandalasaba Dr. Djoenjoenan, Gedung Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatera No. 41, Bandung.

Sidang dipimpin oleh Prof. Dr. H. Azhar Affandi, SE., M.Sc., dengan Prof. Dr. H. Rukmana Amanwinata, S.H., M.H. sebagai promotor, dan Prof. Dr. I. Gede Pantja Astawa, S.H., M.H. sebagai co-promotor.

Sebagai penelaah/penguji, hadir Prof. Dr. T. Subarsyah, S.H., S.Sos., Sp.1., M.M., Dr. Berna Sudjana Ermaya, S.H., M.H., Prof. Dr. H. Bambang Heru P, M.S., Dr. Hj. Utari Dewi Fatimah, S.H., M.Hum., Dr. Siti Rodiah, S.H., M.H., dan Dr. Elli Ruslina, S.H., M.Hum.

Ihsanul Maarif meraih gelar Doktor Ilmu Hukum di Pascasarjana Unpas setelah menjalani sidang promosi pada Senin siang (7/10/2024). (foto: han/pasjabar)

Disertasi Ihsanul berjudul “Penyelesaian Kerugian Negara/Daerah dalam Perspektif Hukum Administrasi Negara” membahas pentingnya pengelolaan keuangan negara dan daerah yang efisien.

Dalam latar belakang penelitian, Ihsanul menekankan bahwa penyelenggaraan pemerintahan seringkali tidak berjalan dengan baik, sehingga diperlukan kajian mendalam terkait penyelesaian kerugian negara/daerah.

“Tujuan penelitian disertasi saya adalah revitalisasi hukum administrasi negara dalam penyelesaian kerugian negara. Pendekatannya lebih berorientasi pada penyelesaian kerugian negara secara administratif tanpa pemidanaan, melalui tuntutan tertinggi dan tuntutan perbendaharaan,” jelas Ihsanul saat diwawancarai usai sidang.

Ihsanul Maarif meraih gelar Doktor Ilmu Hukum di Pascasarjana Unpas setelah menjalani sidang promosi pada Senin siang (7/10/2024). (foto: han/pasjabar)

Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian hukum normatif dengan pendekatan yuridis normatif, sosiologis, dan perbandingan hukum.

Data dikumpulkan melalui studi dokumen dan wawancara, dan kemudian dianalisis secara yuridis kualitatif.

Hasil Disertasi dan Harapan Ihsanul

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelesaian kerugian negara/daerah saat ini tidak sesuai dengan instrumen Hukum Administrasi Negara.

Hal ini disebabkan oleh kesalahan dalam menafsirkan makna “kerugian negara/daerah” oleh aparat penegak hukum, yang lebih mengutamakan pertanggungjawaban pidana.

Ihsanul merekomendasikan perubahan paradigma dalam penyelesaian kerugian negara dengan menerapkan konsep pertanggungjawaban mutlak tanpa pemidanaan, atau Deferred Prosecution Agreement (DPA).

Ihsanul Maarif meraih gelar Doktor Ilmu Hukum di Pascasarjana Unpas setelah menjalani sidang promosi pada Senin siang (7/10/2024). (foto: han/pasjabar)

Ihsanul dinyatakan lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,74 dan yudisium sangat memuaskan, menjadikannya lulusan ke-109 Program Doktor Ilmu Hukum Pascasarjana Unpas.

“Harapan saya, novelty dari penelitian ini dapat menjadi pokok-pokok kebijakan di pemerintahan, untuk menyelesaikan masalah keuangan negara, terutama dalam konteks tindak pidana korupsi yang terus berlanjut,” ujar Ihsanul.

Ia juga berharap bahwa Program Pascasarjana Doktor Ilmu Hukum di Unpas akan terus maju dan berkembang, berkat bimbingan dosen yang berkualitas.

“Mudah-mudahan Unpas semakin maju, makin jaya,” tutupnya. (han)

Hanna Hanifah

Recent Posts

Lanud Husein Sastranegara Gelar Open Base, Ribuan Warga Saksikan Alutsista TNI

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI),…

6 detik ago

Dua Laga Ikonik Timnas Indonesia Vs Timnas Bahrain

WWW.PASJABAR.COM -- Timnas Indonesia dan Timnas Bahrain akan menjalani laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada…

22 menit ago

Dirgahayu TNI: Sinergi Demi Pertahanan dan Demokrasi

Oleh: Dosen Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Dpk FH UNPAS, Firdaus Arifin BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Oktober…

59 menit ago

Tel-U Berhasil Kembangkan Alat Pertanian dan Peternakan Melalui CSL dan CS 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Telkom University (Tel-U) berhasil menciptakan produk inovasi yang dibuat para mahasiswa melalui…

2 jam ago

Harga Pangan Hari Ini: Kenaikan Beras Premium dan Turunnya Cabai Merah

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat adanya fluktuasi harga sejumlah komoditas pangan di…

4 jam ago

Sidang Doktor Ilmu Hukum Unpas Wawan Irawan, Bahas Perjanjian Kerja Sama Pertambangan Batubara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Wawan Irawan resmi menyandang gelar Doktor Ilmu Hukum di Pascasarjana Universitas Pasundan…

5 jam ago